Aceh Tetap Siap Tampung Pengungsi Rohingya

WOL Photo
Iklan

LHOKSEUMAWE, WOL – Pemerintah Aceh akan tetap siap menampung muslim Rohingya yang tidak diterima negara lain. Aceh juga berterimakasih kepada seluruh elemen atau lembaga yang sudah mengurus Rohingnya selama di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf atau Muallem, dalam kegiatan peresmian tempat penampungan yang baru untuk muslim Rohingya di kompleks Itegrated Community Shelter (ICS) Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Aceh Utara, Rabu (12/8).

“Ini contoh yang paling kecil kita lihat untuk saling gotong royong dan untuk membantu masyarakat Rohingnya. Jika kaum Rohingnya tidak diterima oleh negara lain, kami siap menerimanya. Oleh karena itu saya harapkan dijaga dan dirawat tempat penampungan yang sudah dibangun ini,” ujar Muallem.

Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib juga sependapat dengan Muallem. Dirinya berterimakasih kepada seluruh organisasi yang sudah mengurus kaum Rohingnya.

“Tempat penampungan ini ditargetkan selesai tiga bulan, tetapi sudah selesai dalam waktu sebulan. Bahwasanya kami sebagai orang Aceh sangat menghormati sesama manusia khususnya umat muslim,” ucapnya.

iklan

Sementara itu Syuhel Maidi Syukur selaku Presiden Komite Nasional untuk Solidaritas Rohingnya berterimakasih kepada semua pihak yang dapat hadir dalam kegiatan peresmian rumah hunian baru untuk Rohingya.

Masyarakat Indonesia menurutnya sangat perduli terhadap saudara se-muslim yaitu kaum Rohingnya. “Alhamdulilah bangunan ini dalam satu bulan sudah selesai dan saat ini sudah ditempati pengungsi masyarakat Rohingnya. Maka daripada itu kami mengundang bapak Gubernur Aceh yang diwakili oleh Wagub Aceh untuk meresmikannya,” kata Syuhel.

Salah satu pengungsi Rohingya, Muhammad Husein justeru sangat terharu melihat semangatnya Aceh untuk membantu mereka.

“Kami sampai di Indonesia langsung diberi makanan, kami tidak pernah lapar di sini. Kami terimakasih banyak kepada masyarakat Indonesia. Sampai di sini kami mendapat saudara muslim. Kami beribadah di sini dan kami merasa bahagia di sini,” ucap Husein bernada penuh rasa haru.

Adapun Fasilitas Itegrated Community Shelter (ICS) Rohingnya yang diresmikan Wagub Aceh yaitu barak hunian sebanyak 120 unit lengkap dengan 48 unit toilet. Perpustakaan, klinik, kantor, dan sekolah.

Hadir dalam kegiatan itu Wagub Aceh Muzakir Manaf, Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib, Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono, Kapolres Lhokseumawe AKBP Anang Tri Harsono,Sik, Kapolres Aceh Utara AKBP Ahmadi,Sik, dan sejumlah undangan pejabat tinggi lainnya.(wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan