7.302 Napi Sumut Peroleh Remisi Dasawarsa

WOL Photo

MEDAN, WOL – Belasan ribu narapidana mendapat kan haknya untuk menerima remisi pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta Medan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ajub Suratman mengatakan, napi yang berhak mendapatkan remisi harus berkelakuan baik dan telah menjalani pidana dihitung sejak tanggal penahanan sampai dengan tanggal 17 Agustus 2014 paling sedikit enam bulan.

Dijelaskan, remisi merupakan instrumen yang dapat merubah perilaku narapidana untuk berperilaku baik selama menjadi pidana. Remisi juga dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat.

“Napi yang memperoleh remisi umum itu sejumlah 7.262 orang. Remisi Umum bebas 342 orang, jadi total untuk mendapat remisi umum sebanyak 7.602,” ujar Kakanwil Kemenkumham, Ajub Suratman.

Remisi umum ini diberikan kepada para tahanan dengan pengurangan antara satu bulan sampai enam bulan. Sedangkan Remisi dasawarsa seluruh narapidana diberikan pengurangan maksimal tiga bulan.

Advertisement

“Untuk napi yang memperoleh remisi dasawarsa sejumlah 7.302 orang, remisi Dasawarsa bebas 276 orang, total keseluruhan remisi dasawarsa 7.578 orang,” jelasnya.

Pemberian remisi ini diharap mampu menjadi motivasi dan kesempatan bagi para narapidana dan anak didik pemasyarakatan untuk menjadi insan yang lebih baik dan taat hukum.(wol/rio/data2)

Editor: SASTROY BANGUN