150 Pengacara Hadiri Sidang Praperadilan OC Kaligis

Ratusan Pengacara Hadiri Sidang Perdana Praperadilan OC Kaligis (foto: Raiza/Okezone)
Iklan
Agregasi
Agregasi

 

JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini akan menggelar sidang praperadilan tersangka kasus dugaan penyuapan Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Otto Cornelis Kaligis (OCK), di ruang sidang utama Oemar Seno Aji, Senin (10/8/2015).

Sidang perdana OC Kaligis dengan mempraperadilkan KPK diagendakan pembacaan permohonan praperadilan di hadapan Hakim Tunggal Edi Suprapto pada pukul 09.00 WIB. Namun karena pihak termohon yakni KPK belum juga datang hingga saat ini, maka sidang belum dimulai.

Pantauan Okezone, sebanyak 150 pengacara dari AAI memadati ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Oemar Seno Adji. Mereka semua menjadi tim kuasa hukum OC Kaligis atas dugaan kasus penyuapan.

OC Kaligis mengajukan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan alasan penetapannya sebagai tersangka tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan norma hukum yang berlaku.

iklan

Pertimbangan lainnya permohonan praperadilan dilayangkan untuk mempertanyakan keabsahan ihwal penangkapan OC Kaligis, karena pihaknya menilai penetapan tersangka dan penahanan yang dilakukan KPK tidak sesuai prosedur dan melanggar HAM.

Sebagaimana diberitakan, OC Kaligis tertangkap tangan di Hotel Borobudur Jakarta Pusat oleh KPK, atas dugaan kasus penyuapan Hakim PTUN Medan.

OC Kaligis disangkakan melanggar Pasal 6 Ayat (1) huruf a dan Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2001 jo Pasal 64 Ayat (1) jo Pasal 55 Ayat (1) KUHPidana.

Iklan