Wali Kota: Pengurusan Izin Semuanya akan Satu Pintu

WOL Photo

MEDAN, WOL – Pemerintah Kota Medan wacanakan menyerahkan lima pengurusan izin ke Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu Kota Medan secara bertahap. Salah satu perizinan yang akan diserahkan adalah kepengurusan izin dari Dinas Pendapatan dan Dinas Pariwisata.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin dalam kesempatannya mengatakan, kepengurusan izin ini akan dilakukan secara bertahap. Penyerahan pengurusan izin ini diserahkan ke BPPT agar prosesnya lebih cepat dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Kita berharap semua satu pintu. Jadi tidak lagi harus ke dinas-dinas yang ada selama ini,” ungkapnya Rabu (15/7).

Sementara itu, Kepala BPPT Kota Medan Wirya Alrahman mengaku, pihaknya belum menerima laporan atau undangan pembahasan mengenai rencana penyerahan pengurusan izin dari pemko ke BPPT. Sejauh ini izin yang kemungkinan paling dekat diurus ke BPPT adalah izin pariwisata. Sebab izin gangguannya ada di BPPT. “Ini tentu menyulitkan masyarakat yang akan mengurus izin. Sebab prosesnya lamban dan diurus banyak instansi pemerintahan. Kita berharap agar segera menyerahkan seluruh proses perizinan ke BPPT,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, selain penyerahan izin ke BPPT, Pemko Medan juga berencana menyerahkan proses perizinan UMKM ke pihak kecamatan untuk mempermudah pelaku usaha pemula memperoleh izin. (wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Advertisement