Tawaran Diskon Perlu Diwaspadai

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, WOL– Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H,  pusat perbelanjaan khususnya mall untuk penjualan kebutuhan pakaian sellau menawarkan diskon. Perang diskon membuat masyarakat banyak yang tergiur dengan harga yang hampit mendapatkan potongan setengah harga sendiri.

Oleh  karena itu konsumen harus dapat mewaspadai hal tersebut karena strategi bisnis melalui obral harga ini rentan menjebak konsumen.

M. Ishak pengamat ekonomi sekaligus salah satu dosen Unimed kepada Waspada Online,  hari ini, mengatakan, dengan harga diskon yang gila gilaan konsumen tergiur akan harga yang sudah didiskon padahal kenyatannya jelas ini sangat membodohi konsumen.

“Seperti, baju yang ditawarkan memiliki standar kualitas yang kurang, tetapi karena iming- imingan diskon konsumen buta akan penipuan harga tersebut,” ujarnya.

Dikatakan, pemerintah dalam hal ini sangat lemah tentang pengawasan harga yang di diskon, seharusnya pemerintah yaitu disperindag dapat cepat menanggapi hal ini, karena ini sangat merugikan konsumen apalagi konsumen merasa tidak dirugikan, itulah namanya penipuan dalam harga.

Advertisement

“Tetapi seharusnya masyarakat juga harus lebih objektif dan dapat membaca agar tidak mudah percaya tentang beberapa produk diskon yang lebih banyak adalah pakaian. Diskon yang berlebihan bukanlah persaingan yang sehat untuk persaingan dalam usaha,” katanya.

Sementara pantauan Waspada Online di beberapa mall di Medan Sumatera Utara, perang  diskon membuat warga menyebur pusat perbelanjaan. Sejumlah pusat perbelanjaan sudah mulai menggelar program diskon untuk beberapa item produk, terutama pakaian muslim dari anak anak sampai dewasa. Seperti Medan Mall, Plaza Medan Fair,Sun Plaza dan Paladium.

Seperti di Plaza Medan Fair promo up diskon hingga 80 persen all item, sehingga masyarakat tidak perduli untuk rela berdesak desakan agar dapat membeli barang yang disukai. Tidak berbeda di Ramayana juga berikan promo beli satu gratis satu. Ditambah bonus bonus lainnya, dan ini membuat masyarakat beramai ramai untuk membeli barang untuk berlebaran.

Santi  seorang pramuniaga Plaza Medan Fair mengatakan, adanya perang diskon ini agar pengunjung tertarik dan membeli pakaian yang telah disusun diatas kotak kotak.

“Selain itu, konsumen juga bisa mendapat potonfan harga setengah sendiri dari harga normal,”terangnya. (WOL/EKO)