Pertalite Dirancang Gantikan Premium

Istimewa
Iklan

JAKARTA, WOL – PT Pertamina (Persero) akan segera mengeluarkan jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) baru Pertalite. Nantinya, Pertalite ini diharapkan dapat menggantikan konsumsi masyarakat terhadap Premium.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Sofyan Djalil berharap Pertalite dapat menggantikan Premium pada saatnya nanti. Sebab, kadar oktan yang terdapat pada Premium yaitu RON 88 sudah tidak sesuai dengan standar Eropa.

“Sasaran kita ke sana (menggantikan Premium), tapi kalau refinary (kilang) kita sudah baik. Refinary kita kan umurnya ada 40 tahun, 30 tahun, maka kita belum mampu mengeluarkan standar Europe,” ungkap Sofyan di kantornya, Kamis (23/7/2015).

Sofyan menambahkan, saat ini mesin-mesin kendaraan bermotor sudah mengikuti standar Eropa. Sehingga, dengan adanya BBM Pertalite (RON 90) dapat dijadikan alternatif untuk perlahan mengalihkan konsumsi Premium masyarakat.

“Karena refinary kita belum siap maka kita masih pakai dulu Premium dengan oktan 88. Pertalite yang akan dilaunching Pertamina sekarang dalam rangka memperbaiki itu. Kalau saya baca di koran itu kan Pertamax lebih tinggi demand-nya sekarang,” ujarnya.

iklan

Sebelumnya, Pertamina memang berharap adanya Pertalite dapat sesukses penggunaan Pertamax. Terlebih lagi, saat ini penggunaan Pertamax meningkat cukup signifikan.

Namun, Pertamina membantah akan menghapus Premium meskipun ada BBM jenis baru. Pertalite disebut hanya menjadi varian baru agar masyarakat memiliki pilihan jenis BBM yang akan digunakan.(okezone/data1)

Iklan