Pemeriksaan Kesehatan Paslon Wali Kota Medan Habiskan Rp24 Juta

Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution, Ramadhan Pohan-Edi Kusuma tengah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Pirngadi Medan, Kamis (30/7).
Iklan

MEDAN, WOL – Hari ini, Kamis (30/7), ke dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Medan periode 2015-2020 menjalani pemeriksaan tes kesehatan. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum Kota Medan menganggarkan Rp24 juta.

Komisioner KPU Divisi Teknis dan Penyelenggara Pandapotan Tamba menjelaskan, masing masing calon menghabiskan Rp6 juta untuk pemeriksaan kesehatan.

Untuk hasil dari pemeriksaan itu nantinya, akan diserahkan oleh tim dari IDI kepada mereka (KPU Medan) dalam bentuk laporan mengenai kondisi kesehatan masing-masing, disertai kesimpulan apakah masing-masing mampu atau tidak dalam bertugas 5 tahun kedepan. Selanjutnya KPU Medan akan mempublikasikan kesimpulan dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut.

“Kita hanya menyampaikan kesimpulan dari pemeriksaan tersebut, apakah mampu atau tidak untuk bertugas dalam 5 tahun kedepan. Sementara untuk kondisi kesehatan masing-masing bagian tubuh secara rinci tidak dipublikasikan,” paparnya.

“Kesehatan yang diperiksa meliputi general check up seperti mata, THT,jantung, ginjal, paru, kanker, narkoba maupun penyakit kejiwaan dengan melibatkan psikiater,” sambung Tamba.

iklan

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan RSUD Pirngadi, dr Risma Situnorma Sinaga, mengaku tidak mengetahui rincian anggaran tersebut. Namun menurutnya, biaya Rp6 juta itu sudah includ  untuk seluruh pemeriksaan standart yang diberikan pihak rumah sakit.

“Kalau soal biaya kewenangan managemen Pirngadi. Dan itu sudah includ semua item dan standart di rumah sakit,” akunya. (wol/mrz)

Iklan