Panglima TNI: Hercules C 130 Masih Layak Terbang

Panglima TNI Jenderal Moeldoko beberapa waktu lalu (Foto: Dok Okezone).
Agregasi
Agregasi

JAKARTA – Pesawat Hercules C 130 yang jatuh di Medan pada Selasa 30 Juni 2015 diketahui telah beroperasi sejak 1964. Terkait hal itu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan, meski pesawat tersebut sudah tua, mesinnya masih terbilang bagus karena perawatan rutin dilakukan. Pesawat Hercules C 130 pun dinyatakan masih layak terbang.

“Jadi, kekuatan Hercules kita itu yang angkatan ‘60-an ada delapan unit. Pesawat Hercules yang sekarang itu buatan 1960 dan mulai digunakan pada 1964. Tapi dengan ketekunan anggota kita yang di bawah kita belum ada yang baru, luar biasa anak-anak itu memperbaiki dan memoles Hercules dengan kesabaran dan kemampuan yang dia miliki. Sebenarnya kalau berdasarkan perhitungan, masih layak terbang,” katanya usai melakukan MoU antara TNI dan Bakamla terkait pembinaan dan operasional di laut, Kamis (2/7/2015).

Pesawat yang sebelumnya berfungsi sebagai tengker ini memang sudah beralih fungsi menjadi kargo. Jumlah jarak tempuhnya juga relatif tidak banyak.

“Hercules yang jatuh itu tadinya jadi tanker, tapi karena sudah tidak digunakan maka digunakan sebagai kargo untuk angkut alat. Sehingga kalau dilihat hitungan kilometernya masih muda,” tuturnya.

Advertisement