MH370: 12 Fakta di Balik Penemuan Terakhir

Puing Pesawat yang Diduga Bagian dari Pesawat MH370 Ditemukan di Reunion (Foto: The Telegraph)
Agregasi
Agregasi

WOL – Pertanyaan bermunculan mengenai penemuan sepotong bagian pesawat di Reunion Island. Kini, puing badan pesawat tersebut dipercayai berasal dari pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan 370 (MH370) yang hilang tahun lalu. Berikut ini adalah informasi yang diperoleh mengenai penemuan tersebut, sebagaimana dilansir The Age, Kamis (30/7/2015).

1. Apa yang ramai diberitakan?

Pengamat penerbangan telah mengonfirmasi bahwa puing pesawat tersebut merupakan sayap pesawat yang disebut “flaperon”. Pihak penerbangan Amerika Serikat (AS) telah menyimpulkan dengan keyakinan amat tinggi bahwa bagian tersebut merupakan elemen khas yang terdapat pada pesawat model Boeing 777 yang digunakan MH370. Penyelidik juga mengatakan, tidak ada pesawat Boeing 777 yang diketahui menghilang di daerah tersebut.
index
2. Seberapa besar potongan tersebut?

Seorang pihak berwenang Prancis mengatakan, benda yang ditemukan tersebut memiliki panjang 9 kaki atau sekira 2,7 meter (m) dengan lebar 3 kaki atau sekira 1 m. Menurut dia, benda itu telah berada di air dalam jangka waktu yang lama.

3. Di mana posisi potongan tersebut dalam badan pesawat terbang?

Advertisement

Patahan itu merupakan permukaan kontrol dari sebuah sayap yang merupakan bagian yang dapat digerakkan dan memiliki aspek kombinasi antara sebuah spoiler pesawat dan flap reguler.
1
4. Apa reaksi Malaysia?

Pihak Pemerintah Malaysia mengatakan, sebuah tim telah dikirim ke Reunion untuk menyelidiki lebih lanjut penemuan itu. “Kami perlu memverifikasi. Kami telah mendapatkan penemuan puing yang perlu segera diverifikasi sebelum kami bisa mengonfirmasi itu merupakan bagian dari MH370. Kami berharap bahwa kami dapat mengidentifikasi penemuan itu secepat mungkin,” kata Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai di New York.

Sementara pihak maskapai penerbangan Malaysia Airlines mengatakan, mereka bekerja sama dengan pemerintah untuk memastikan penemuan tersebut. “Saat ini, akan terlalu prematur untuk membuat spekulasi mengenai asal flaperon itu,” isi pernyataan Malaysia Airlines dalam akun Twitter resminya.

5. Di mana flaperon tersebut ditemukan?

Sebuah tim ahli ekologi melintasi benda itu saat sedang membersihkan salah satu sisi pantai di Pulau Reunion yang terletak di pesisir Afrika yaitu di antara Madagaskar dan Mauritius pada Samudera Hindia.
2

6. Siapa yang mengaitkan penemuan tersebut dengan MH370?

Berdasarkan Wired.com, seorang ahli keamanan asal Prancis bernama Xavier Tytelman yang mengirimnya serangkaian foto yang diperoleh oleh seorang jurnalis di Reunion. Dia mencuitkan hasil analisisnya dengan komentar: “Kesamaan yang luar biasa antara flaperon sebuah #B777 dengan puing yang ditemukan pagi ini”. (okz)