H-3 Lebaran, Stasiun KA Mulai Dipadati Pemudik

WOL Photo/Eko Tarore

MEDAN, WOL – Tiga hari lagi Hari Raya Idul Fitri, aktivitas arus mudik di Stasiun Besar Kereta Api Medan sudah mulai dipadati pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya, Selasa (14/7).

Keramaian terlihat di ruang tunggu penumpang, sejumlah loket pengambilan tiket yang tersedia juga terlihat hanya didatangi pemudik yang hendak membeli tiket. Sementara, petugas keamanan tampak berjaga di sejumlah posko pengamanan yang telah disediakan.

Peningkatan penumpang terjadi pada pagi dan siang hari. Hal itu terlihat dari pemudik yang menunggu kedatangan kereta api di ruang tunggu penumpang. Tapi menjelang malam, stasiun tampak kembali sepi dari pemudik.

Dimas Wibowo salah seorang pemudik tujuan Rantau Parapat kepada Waspada Online mengaku lebih memilih untuk menggunakan jasa kereta api agar terhindar dari kemacetan arus lalulintas di jalan raya. “Setidaknya kan tidak terjebak macet di jalan. Selain itu menggunakan jasa kereta api lebih nyaman daripada jasa bus,” terang salah satu pegawai bank swasta di Medan ini.

Sementara itu, Manager Cooporate Communication PT. KAI Divre I Sumut-Aceh, Rapino Situmorang mengatakan, PT. KAI Divisi Regional I Sumut-Aceh menyediakan sejumlah 7076 tempat duduk setiap harinya dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2015.

Advertisement

“Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik sejumlah 5 gerbong ditambah diantaranya 1 gerbong kelas eksekutif dan 4 gerbong kelas bisnis. Sedangkan, PT. KAI Divre I Sumut-Aceh memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-1 Lebaran, namun di H-3 ini pemudik sudah mulai memadati stasiun,”pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN