DPR Kecewa MK Langgengkan Politik Dinasti

Riza Patria (foto: Okezone)
Agregasi
Agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Riza Patria mengaku kecewa dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan permohonan uji materi terhadap Pasal 7 huruf r Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Putusan MK itu diketahui menghapus batasan keikutsertaan anggota keluarga kepala daerah yang sudah menjabat (incumbent) atau dengan kata lain melegalkan kembali politik dinasti.

“Kami hormati hargai apapun yang diputuskan MK, tapi kami Komisi II DPR kecewa atas yang diputuskan MK,” jelas Riza dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya di Warung Daun, Cikini,Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Menurutnya, MK tak memahami niat dan tujuan penting wakil rakyat di DPR yang membuat undang-undang ini. Dia menilai MK tak melihat latar belakang proses pembuatan UU itu.

Advertisement

Riza menambahkan, MK hanya melihat warga di negara ini musti memiliki hak untuk dipilih dan memilih, tanpa memikirkan efek yang ditimbulkan dari adanya politik dinasti tersebut.

“Karena MK tidak memahami niat dan tujuan penting pasal itu dan proses pembuatan, MK tak lihat latar bekalangnya,” pungkas Riza.