Pemerintah Tak Serius Dukung Atlet

PBSI

JAKARTA, WOL – Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Suwarno, mengeluarkan pernyataan mengejutkan. Menurutnya, selama persiapan menghadapi SEA Games 2015 di Singapura, pemerintah sebenarnya tidak memiliki niat serius mengangkat prestasi Indonesia.

Buktinya, menurut Suwarno, PB PJSI (Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia) yang membawahi olahraga judo, harus mengeluarkan dana pribadi untuk mengirim atlet-atlet mereka melakukan ujicoba di berbagai negara. Karena pada kenyataannya, pemerintah sama sekali tidak mau mengucurkan dana untuk melakukan ujicoba.

Berkat pengorbanan yang dilakukan para pengurus PB PJSI, cabang judo akhirnya berhasil menyumbangkan empat medali emas bagi Indonesia.

”Kalau saja menunggu dana uji coba dan latihan di luar negeri dari pemerintah, pasti tidak mungkin terealisasi target itu. Itu fakta,” jelasnya, Minggu (21/6) kemarin.

Selain itu, PB PJSI harus membayar sendiri perlengkapan yang digunakan para atletnya di SEA Games 2015. Hal ini menurut Suwarno jelas membuktikan kalau pemerintah sebenarnya tidak serius dalam memberikan dukungan kepada kontingen Indonesia yang berjuang membawa negara di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara.

Advertisement

”Apa jadinya kalau sampai masalah baju judo tidak ditalangi PB PJSI,” katanya. (wol/sportokezone/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL