Marjuki Bangga Sumbang Emas

Antara

SINGAPURA, WOL: Atlet dayung Indonesia, Marjuki, meraih medali emas pertama SEA Games 2015 bagi Indonesia di cabang dayung nomor C 1 perorangan putra dengan catatan waktu 4 menit, 02,349 detik, di Singapura, Sabtu (6/6).

Catatan waktu yang ditorehkan Marjuki itu lebih baik dari atlet Myanmar Thant Zin Oo dengan 4:06,707 yang berhak medali perak. Hernie Macaranas (Filipina) kebagian perunggu dengan waktu 4:08,294.

“Ini emas pertama saya di SEA Games, tentu saya senang. Lawan-lawan saya di sini tetap atlet-atlet yang sama, jadi saya sudah hafal,” kata Marjuki yang mengaku telah mengikuti tiga kali SEA Games.

Dari cabang lain, tim berkuda nomor tunggang serasi (dressage) menyumbang emas kedua bagi Indonesia. Tampil di Singapore Turf Club Riding Centre, Singapura,
Indonesia menurunkan empat atlet terbaiknya. Alfaro Manayang menyumbang poin 67,132 persen, Dewi Kunti (62,395), Ferry Wahyu (66,842), dan Larasati Gading (72,605).

Dari keempat atlet yang turun hanya diambil tiga terbaik. Adapun total perolehan poin Indonesia adalah 206,579 persen dan berhak mendapatkan medali emas. Medali perak direbut tuan rumah Singapura yang mengumpulkan 201,711 persen dan perunggu jadi milik Malaysia (170,737).

Advertisement

“Tentu kami senang bisa meraih emas. Hasil ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi yang terbaik meski perjuangan untuk meraihnya tidak mudah,” kata Larasati.

Di cabang perahu naga, Indonesia menambah dua medali emas di nomor traditional boat race 12 awak. Melintas di Marina Bay, tim putra meraih emas dengan waktu 53.360 detik sekaligus mengungguli Thaland dan Myanmar.

Tim Indonesia terdiri atas Silo, Dedy Bwefer, Andi Agus Mulyana, Agunawan, Syahrul Saputra, Arpan, Fajrurrcohman, Sofianto, Mohammad Faturohman, Jefklin Mehue, Muhammad Randhan, Syarifuddin, dan Azwir Aboni.

Dari nomor traditional boat race  12 awak putri, Indonesia juga meraih emas dengan waktu 1:00.127 detik.  Thailand kembali mendapat perak dan Myanmar lagi-lagi kebagian perunggu. Atletik dan judo juga menambah koleksi emas Merah Putih, sehingga total Indonesia berada di peringkat empat klasemen perolehan medali dengan 8 emas, 8 perak, dan 7 perunggu.

(wol/antara/data2)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL