KSAU: 12 Awak Pesawat Hercules Tewas

WOL Photo/Ega Ibra

MEDAN, WOL – Kepala Staf TNI AU, (KSAU), Marsekal Agus Supriatna menjelaskan bahwa pesawat Hercules TNI AU jenis C-130 yang jatuh di Jalan Djamin Gintings Medan, untuk sementara diketahui ada 12 awak pesawat dan semua dikabarkan tewas. Korban terdiri dari tiga penerbang, 1 navigator dan  8 tehknisi.

Sejumlah 12 prajurit ada di dalam pesawat Hercules, salah satunya korban adalah Perwira Siswa Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Pasis Sekkau) terbaik Angkatan ke-97, Mei 2015 lalu, Kapten Pnb Sandi Permana.

Inilah nama 12 prajurit awak pesawat:

1. Pilot Kapten Pnb Sandi Permana
2. Co pilot Lettu Pandu
3. Letda Sukma (pilot cadangan)
4. Kapten Riri

Kru:

Advertisement

1. Serma Bambang
2. Peltu Ibnu
3. Peltu Andik
4. Pelda Parijo
5. Peltu Ngateman
6. Peltu Yaya Komari
7. Pelda Agus Pur
8. Prada Alvian

Marsekal Agus Supriatna menjelaskan, pesawat tersebut dibuat tahun 1964, namun masih layak terbang dan masih handal. Pesawat tersebut dipergunakan untuk angkut logistik meliter personil TNI yang bergeser tugasnya. “Pastinya pesawat jatuh karena ada trouble,” sebut KSAU.

Terpisah, Kepala Basarnas, Marsda Bambang Sulistyo mengatakan bahwa sementara ini penyebab jatuhnya pesawat masih dalam penyelidikan pihaknya. ”Belum diketahui penyebabnya,” singkat Bambang.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf juga menjelaskan, pesawat Hercules tersebut membawa logistik keperluan TNI menuju Tanjung Pinang dan lanjut ke Pulau Natuna.

Dikatakan, dalam insiden ini petugas gabungan telah berhasil mengamankan tujuh jenazah yang menjadi korban pesawat jatuh tersebut. “Sudah 12 orang dievakuasi ke RS Adam Malik Medan,” sebutnya.

Amatan wartawan di lokasi, petugas gabungan baik dari Polri, TNI, Paskas, Pemadam Kebakaran, Basarnas, Dinas Kesehatan melakukan evakuasi korban.

Informasi diperoleh awalnya pesawat yang diterbangkan Pilot Kapten Pnb Sandi tiba-tiba mengeluarkan asap tebal di jalur penerbangan Jalan Jamin Ginting Medan, menungkik dan menabrak antena Joy 101 FM, lalu jatuh di pemukiman padat penduduk, mengenai bangunan komplek perumahan Royal Garden.

Dalam insiden tersebut, tampak langsung meninjau Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat TNI AU jenis Hercules C-130 milik Skuadron 32 Lanud Abdurahman Saleh jatuh di pemukiman warga di kawasan Jalan Jamin Ginting KM 10 Medan Selayang.(wol/lihaves/ridin/caessa/data1)

Editor: SASTROY BANGUN