Kemarahan Jokowi Sinyal Reshuffel Kabinet

WOL Photo/Ega Ibra

JAKARTA, WOL – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menilai kemarahan Presiden Joko Widodo saat sidak di Pelabuhan Tanjuk Priok merupakan sinyal kuat reshufell dalam waktu dekat.

“Kalau saya mengatakan suatu hal yang mutlak harus dilakukan presiden Jokowi dan Jokowi sudah memberi sinyal reshufell itu ketika dia mengatakan akan saya copot menteri, itu menunjukan ketidak puasan terhadap kinerja menterinya,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (21/6).

Menurutnya, Presiden Joko Widodo menemukan kinerja yang tidak memuaskan yang dilakukan menteri-menterinya ketika saat sidak diberbagai tempat pelayan publik. Tidak hanya di Pelabuah Tanjung Priok pelayan publik sangat lambat, namun hampir diseluruh sektor.

“Saya kira nantinya Presiden Jokowi jika melakukan sidak ketempat lain juga akan menemukan permasalah yang sama seperti di Tanjung Priok, pelayan publik yang tidak memuaskan,” jelasnya.

CEO Survey Lintas Nusantara ini menilai, sidak di Pelabuhan Tanjung Priok nantinya akan dijadikan bahan utama Presiden Joko Widodo untuk mengkroscek kinerja para pembantunya.

Advertisement

“Sidak kemarin itu menunjukan Jokowi tidak puas, Jokowi, ini menjadi bahan bagi dia untuk mengecek kenirja seluruh menterinya,” ungkapnya.

“Sehingga nanti Jokowi punya keputusan yang tepat menteri-menteri mana yang akan diganti dan dipertahankan berdasarkan kinerja, bukan berdasarkan politik transaksional,” demikian Emrus.(inilah/data1)