Kemampuan Sutiyoso Lebih dari Cukup Jadi Kepala BIN

metrotvnews.com

KUPANG, WOL – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menganggap keputusan Presiden Joko Widodo tepat menunjuk Sutiyoso sebagai calon Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN). Ia menilai Sutiyoso mempunyai kemampuan yang lebih dari cukup untuk memimpin BIN.

“Pak Sutiyoso saya kenal baik. Dia mantan Pangdam dan mantan Gubernur DKI sehingga memiliki kemampuan yang lebih dari cukup. Sangat lah pantas apabila Presiden menunjuk Sutiyoso,” kata Zulkifli di Kupang, Jumat (12/6) malam.

Disinggung soal Sutiyoso yang saat ini masih menjabat sebagai ketua umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Zulkifli yakin Sutiyoso mundur dari jabatannya di parpol jika dilantik nanti.

“Saya percaya begitu nanti Pak Sutiyoso dilantik jadi kepala BIN pasti beliau juga akan mundur dari jabatannya sebagai ketua umum partai,” kata Ketua Umum PAN itu.

Keputusan Jokowi tersebut dikritik berbagai pihak, termasuk politisi PDI-P. Mereka menyinggung kasus penyerangan kantor PDI pada  27 Juli 1996. Saat itu, Sutiyoso menjabat sebagai Panglima Kodam Jaya.

Advertisement

Komisi I akan meminta klarifikasi kepada Sutiyoso soal kasus 27 Juli 1996 pada uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Komisi I DPR akan lebih dulu menelusuri rekam jejak Sutiyoso.

Jokowi mengaku sudah memperhatikan rekam jejak Sutiyoso yang memiliki latar belakang di dunia intelijen dan militer. Dia berharap DPR tidak mempersulit pencalonan Sutiyoso.(kompas/data1)