Kasus Saus & Spare Part Masih Mengambang di Poldasu

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Penanganan sejumlah kasus oleh penyidik Subdit I/Indag Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut terkesan banyak yang mengambang alias belum tuntas.

Tak sedikit kasus yang ditangani tanpa tersangka. Kalaupun ada tersangkanya, tidak dilakukan penahanan sehingga sangat memungkinkan untuk melarikan diri, menghilangkan barang bukti ataupun mengulangi perbuatannya.

Salah satunya adalah pengungkapan kasus saus menggunakan zat pewarna tekstil yang diproduksi PT Duta Ayumas Persada (DAP) di Namorambe Deliserdang. Sampai kini, berita acara pemeriksaan (BAP) kasus tersebut masih belum lengkap (P-19). Sedangkan dua tersangkanya, yakni Direktur PT DAP, Jimmy dan Dirut Edi Djunaidi tidak dilakukan penahanan.

“Untuk kasus saus Dena, BAP-nya P-19 dan sekarang sedang kita lengkapi,” kata Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Ahmad Haydar, pekan lalu.

PT Duta Ayumas Persada (DAP) di Jalan Raya Namorambe, Pasar IV, Kabupaten Deliserdang, digerebek petugas Subdit I/Indag Dit Reskrimsus karena memproduksi saus bercampur zat pewarna tekstil merek Dena, Bola Dunia dan Sun Flower pada awal Maret.

iklan

Demikian juga untuk penanganan kasus spare part kendaraan bermotor palsu yang diungkap  dari sebuah gudang di Jalan Brigjen Katamso Medan, Senin (6/4) lalu. Poldasu telah menetapkan pengelola gudang, Gunawan sebagai tersangka. Namun hingga kini, Poldasu tidak mampu menghadirkan tersangka Gunawan.

Polisi menemukan 28 jenis sparepart yang dikemas dengan plastik dan kotak merek GST, Daihatsu, Isuzu, Mitsubishi dan Suzuki. Begitu juga dengan 3 orang yang mengaku sebagai pekerja, turut diamankan dari tempat itu.

Selain itu, Subdit Indag Dit Reskrimsus Polda Sumut juga mengungkap praktik pemalsuan spare part mobil di kawasan Sunggal. Namun, dalam pengungkapan itu Poldasu tidak menangkap orang yang paling bertanggungjawab dalam kasus itu.

Sedangkan untuk kasus pengoplosan gas 3 kg ke tabung 12 kg, penyidik Subdit Indag masih melengkapi berkasnya.

Ketika dikonfirmasi melalui Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, Kasubdit I/Indag Dit Reskrimsus, AKBP Frido Situmorang menyatakan kepada wartawan Selasa (30/6), semua kasus yang telah diungkapnya itu masih dalam proses penyidikan.

“Kasusnya jalan semua Pak. Untuk kasus spare part, besok digelar menentukan tersangka. Kasus saus hari Kamis dikembalikan berkas. Sedangkan kasus tabung gas tinggal melengkapi administrasi penyidikan. Jadi tidak ada kasus yang mandek. Semua kasus yang kami tangani perlu waktu dan keterangan saksi ahli,” kata Frido. (wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan