Inilah Tempat Baru Bagi Pengungsi Rohingya di Aceh

WOL Photo
Iklan

LHOKSUKON, WOL – Sekitar 322 orang imigran Myanmar etnis muslim Rohingya akan dipindahkan lagi yang kedua kalinya. Saat ini mereka masih menempati gedung pelabuhan ikan di Desa Kuala Cangkoy, Lapang, Aceh Utara.

Kabag Humas Pemkab Aceh Utara, Drs. Amir Hamzah mengatakan, para imigran tersebut direncanakan akan dipindahkan ke gedung Balai Latihan Kerja (BLK) yang terletak di Desa Blang Adoe, Kuta Makmur, Aceh Utara.

“Tempat baru untuk penampungan imigran Myanmar yaitu di gedung BLK. Pemindahan dilakukan agar mendapatkan lokasi yang layak dan memenuhi standar lokasi penampungan,” katanya, Rabu (03/6).

Lokasi yang diperkirakan seluas tujuh hektar itu sudah mulai bersih. Beberapa petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Aceh Utara juga sibuk menyiapkan lahan untuk mendirikan bilik. Terlihat juga sejumlah staf Internaitonal Organization for Migration (IOM) yang mengecek lokasi.

Menurut Amir Hamzah, sudah empat hari IOM turun ke lokasi tersebut untuk melakukan berbagai survei. Diantaranya mengukur lahan untuk dibuat pagar dan untuk kebutuhan lainnya.

iklan

“Berdasarkan hasil rapat dengan berbagai pihak yang berkompeten, mengenai berbagai sarana dan prasarana di tempat yang baru itu akan dikerjakan oleh Yayasan sosial Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan IOM,” katanya.

Sebelumnya, ratusan imigran Myanmar dan Bangladesh ditempatkan di gedung olahraga Lhoksukon, namun karena sanitasinya kurang memadai, maka Pemkab memindahkan mereka ke dua tempat yang berbeda.

Ke-322 imigran Myanmar ditempatkan di Desa Kuala Cangkoy, dan 232 imigran Bangladesh dipindahkan ke bekas gedung imigrasi Lhokseumawe di Peunteut, Lhokseumawe. (wol/chai/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan