Inilah 3 Capim KPK dari Polri

tribunnews.com
Iklan

JAKARTA, WOL -Kadiv Humas Polri, Irjen Anton Charliyan mengungkapkan tiga nama pejabat Polri aktif yang diajukan kepada panitia seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai calon pimpinan lembaga antirasuah itu.

“Berdasarkan keterangan Kapolri kepada pansel KPK akan diajukan tiga nama, yaitu Irjen Yotje Mendeh, Irjen Syahrul Mamma, dan Irjen Purn. Beny Mamoto,” kata Anton di kantor Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/6).

Anton menjelaskan bahwa Irjen Yotje merupakan pejabat Polri yang saat ini bertugas sebagai Kapolda Papua, kemudian Irjen Syahrul Mamma saat ini ditugaskan di Kemenkumham, sedangkan Irjen Purn. Beny Mamoto merupakan pensiunan Polri yang saat ini bertugas di Badan Narkotika Nasional (BNN).

Lebih lanjut, mantan pejabat Lemdikpol ini mengatakan pihaknya masih tidak menutup kemungkinan untuk kembali mengajukkan sejumlah calon yang berasal dari kalangan purnawirawan. .

Saat disinggung terkait pertimbangan Kapolri memilih tiga orang tersebut sebagai calon pimpinan KPK, Anton memberikan penjelasannya. “Tiga ini putra terbaik Bhayangkara yang merupakan pakar-pakar reserse. Mereka pakar reserse yang sudah punya kemampuan penyidik yang andal,” bebernya.

iklan

Disampaikan pula oleh Anton bahwa ketiga calon pimpinan KPK dari Polri ini akan menyelesaikan tahap pendaftaran secara individu berdasarkan keinginan pribadi mereka.

Adapun pertemuan Kapolri dengan para pansel KPK juga melakukan pembahasan agar ketiga calon pimpinan KPK dari Polri itu diminta ditelusuri rekam jejaknya oleh pansel KPK.

“Pansel kemarin ada pertemuan dengan kita justru menjalin kejasama dengan kita untuk meneliti reakm jejaknya (para calon),” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Kapolri Jendral Badrodin Haiti mengungkapkan pihaknya mengajukan tiga calon sebagai calon pimpinan KPK yang terdiri atas dua anggota Polri aktif dan seorang purnawirawan.(inilah/data1)

Iklan