Berkas Korupsi Alkes RS Pirngadi Medan Lengkap

WOL PHoto/Ega Ibra

MEDAN, WOL– Kapolresta Medan, Kombes Pol, Nico Afinta Karo-Karo mengungkapkan, Kejaksaan Negeri Medan telah menetapkan seluruh berkas kasus korupsi Alkes Pirngadi lengkap, sehingga akan berlanjut ke proses persidangan.

‪”Hari ini Kejaksaan Negeri Medan menyampaikan bahwa kasus Alkes sudah P21, artinya penyelidikan yang dilakukan selama ini sudah selesai. Ke depan harinya, para tersangka tinggal mengikuti proses persidangan,” katanya kepada wartawan, Selasa (16/6).

‪Kapolresta Medan menyebutkan, selama ini penyidik telah bekerjasama dengan pihak kejaksaan untuk menyelesaikan penyidikan kasus Alkes yang diketahui telah merugikan uang negara.

‪Sebelumnya, dalam kasus ini, diperkirakan negara mengalami kerugian sebesar Rp1,1 miliar dan sudah empat orang ditetapkan tersangka yaitu bernisial KS, S, AP dan dr Amran Lubis. KS (45) adalah warga Jalan Setia Budi Medan, selaku pelaksana pekerja sebenarnya atau sub kontraktor yang mengarahkan rekanan PT IGM (Indofarma Global Medical) hingga memenangkan saat tender proyek.

Inisial ‪S (50) merupakan warga Polonia, selaku pejabat pembuat komitmen (PPK), sedangkan, AP (45) warga Tangerang, selaku pelaksana kontrak dan dr Amran Lubis selaku kuasa pengguna anggaran (KPA).

Advertisement

‪Modus yang dilakukan para tersangka ini, dengan cara mengarahkan merk dari distributor tertentu untuk dijadikan bahan dalam pelelangan. Selanjutnya, harga di-mark up hingga pembayaran 100 persen kepada rekanan. KS mendapat keuntungan Rp900 juta dari proyek ini. Sedangkan, S menerima gratifikasi dari KS dengan berangkat ke luar negeri (tiket perjalanan) dan AP menerima keuntungan atau fee sebesar Rp200 juta selaku pelaksana kontrak. (wol/lihavez/data2)

Editor: SASTROY BANGUN