Penantian Panjang Warriors Tuntas

Iklan

OAKLAND, WOL – Penantian panjang Golden State Warriors selama 40 tahun menembus Final NBA akhirnya berakhir, setelah Stephen Curry cs menumbangkan Houston Rockets 104-90 di Game 5 final Wilayah Barat, Kamis (28/5).

Kemenangan historis ini juga menjadikan Warriors sebagai jawara Wilayah Barat. Sempat tersandung di Game 4, Warriors bangkit dan tidak memberi kesempatan bagi Rockets untuk mempertipis defisit. Tim asuhan Steve Kerr menutup seri dengan keunggulan 4-1. Di final, Warriors sudah ditunggu Cleveland Cavaliers.

Melawan Rockets, Stephen Curry tetap tampil konsisten dan menjadi bintang kemenangan tuan rumah. Curry mencetak 26 poin dan ditambah Klay Thompson yang mendulang 20 angka. Padahal, Curry dan Thompson sama-sama sempat cedera di kuarter keempat.

Bila Curry nampak terus mengalami masalah di lengan kanannya , maka kepala Thompson sempat terbentur lutut Trevor Ariza saat hendak berusaha menghalangi forward Rockets tersebut mencetak angka. Beruntung duet terpanas NBA sekarang ini tetap bisa melanjutkan permainan.

“Yes! Akhirnya kami berhasil kembali merasakan final. Ini pencapaian hebat untuk tim, fans, dan klub yang sudah menanti terlalu lama. Kini, setelah mencapai final, mengapa tidak sekalian saja mengincar trofi? Setuju kalian?!” seru Curry dalam pidatonya di tengah lapangan yang disambut histeris publik Warriors.

iklan

Warriors juga mendapat dukungan dari Harrison Barnes yang menyumbang 24 angka. Andrew Bogut, gagal mencetak angka, juga tampil gemilang dengan mengoleksi 14 rebound untuk menandingi center Rockets, Dwight Howard.

Pemain biasa dijuluki Superman itu menjadi top skor Rockets dengan torehan 18 poin 16 rebound. James Harden, pahlawan Rockets di Game 4, hanya bisa mengemas 14 angka plus melakukan 13 turnover.

“Saya terlalu banyak memaksa diri dan terlalu mudah membiarkan lawan menyerang basket kami. Kami tentu tidak puas dengan hasil ini, tapi kami akan bangkit dan kembali musim depan. Tentunya dengan hasil yang berbeda,” kata Harden.

Bagi Warriors, ini adalah final NBA ketujuh sepanjang sejarah klub tersebut dan pertama sejak terakhir mencicipi laga puncak pada tahun 1975 silam. Dipimpin Rick Barry yang notabene salah satu 50 legenda NBA, Warriors menjadi juara dengan mengatasi Washington Bullets 4-0.

(wol/ap/data2)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan