KPU Simalungun Sosialisasikan Syarat Calon Bupati

WOL Photo/Ilustrasi
Iklan

PEMATANG RAYA, WOL – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Simalungun, mensosialisasikan penetapan syarat dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati periode 2015-2020 untuk pemilihan kepala daerah 2015.

“Ada lima orang yang hadir, mereka itu merupakan tim dari satu orang bakal calon,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun, Puji Rahmat Harahap, di Pematang Raya, Simalungun, Rabu (27/5).

Jumlah peserta, kata Puji, bukan menjadi halangan bagi penyelenggara untuk menyampaikan ketentuan yang harus ditaati para calon dari jalur perseorangan. “Seperti menyertakan salinan KTP atau KK sebanyak 65.090 orang yang tersebar di 16 kecamatan pada berkas pendaftaran nantinya,” kata Puji.

Minimnya kehadiran bakal calon pada sosialisasi itu, menurut Puji, belum menjadi jaminan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Simalungun akan diikuti sedikit calon perseorangan.

Puji memperkirakan, calon yang mempergunakan dukungan partai politik akan berjumlah tiga pasangan, karena perolehan kursi di DPRD tidak merata sehingga terserap pada koalisi. “Hitungan matematisnya harusnya empat pasangan, tetapi realita politiknya paling banyak tiga pasangan,” kata Puji.

iklan

Sementara itu, belasan warga telah mendaftarkan diri ke sejumlah partai politik, dan memasang spanduk atau baliho di tempat-tempat strategis. Bagi pasangan calon yang tidak terakomodir melalui partai politik, diperkirakan akan mempergunakan jalur perseorangan.

“Kita tunggu saja saat pendaftaran jalur perseorangan pada 11-15 Juni 2015. Tetapi intinya KPU sudah melaksanakan tugas sosialisasi,” kata Puji. (wol/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan