Energi Nuklir Opsi Alternatif

Istimewa
Iklan

JAKARTA, WOL – Pemerintah menilai, salah satu sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan energi nasional adalah nuklir. Meskipun masyarakat masih menganggap pemakaian nuklir sebagai sumber energi, berbahaya, tapi pemerintah memberikan contoh Jepang yang telaten dan detail mengoptimalkan tenaga nuklir.

“Saya melihat, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir merupakan alternatif sumber energi yang masih masuk akal. Katakanlah kita takut karena bangsa Indonesia ceroboh. Sebut saja Jepang, yang sangat telaten, detail. Ya silakan,” ungkap Deputi Bidang Infrastruktur Kemaritiman, Ridwan Jamaludin, di Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Maritim, hari ini di Jakarta.

Menurutnya, daripada Indonesia tidak mempunyai energi sama sekali, nuklir bisa menjadi opsi untuk hal tersebut. Ridwan berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak menutup kemungkinan pemanfaatan energi nuklir apalagi dengan alasan ketakutan.

“Dari pada kita terus menerus ketakutan, lantas tidak membuat, lebih baik kita bangun dengan segala risiko yang ada,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Indonesia masih membutuhkan tambahan energi, sementara devisa yang dikeluarkan untuk kebutuhan itu terlalu banyak. Kemudian, belum lagi cadangan minyak dan batu bara yang sudah mulai berkurang.

iklan

“Jepang saja yang daerahnya paling rawan, berani membangun PLTN. Mereka bahkan sudah ada reaktor generasi ke empat, yang teknologinya lebih maju dari sebelumnya,” cetusnya.

Sementara kita, lanjut Ridwan jangan sampai hanya terus-menerus ketakutan dan tidak berbuat apa-apa. “Bagi saya kalaupun kita memutuskan untuk tidak membangun PLTN, harus ada alternatif lain yang benar-benar. Jadi alasannya rasional, tidak sekadar bahaya,” pungkas dia.
(mtv/data1)

Iklan