DPRD: Tak Ada yang Salah Saat Penertiban Pedagang Sutomo

WOL Photo

MEDAN, WOL – DPRD Medan melalui Komisi C mendukung Pemko Medan menuntaskan penertiban pedagang di Jalan Sutomo Medan. Begitupun Ketua Komisi C, Salman Alfarisi tetap berharap agar Pemko Medan menjalankan koordinasi yang intens kepada para pedagang demi terciptanya sebuah solusi.

“Kita melihat bukan kepada adanya gugatan yang dilayangkan pedagang ke PTUN. Tapi penertiban yang dilakukan Pemko Medan telah melalui tahapan benar, baik dari sosialiasi sampai dengan penertiban saat ini. Seperti halnya Satpol PP mereka hanya menegakan Perda,” ungkap Salman, Rabu (13/5).

Lebih lanjut Salman menambahkan, penertiban terhadap PKL tidak hanya sebatas di Jalan Sutomo saja tetapi juga di beberapa pasar lainnya seperti halnya PKL di sekitaran Pasar Akik dan Pasar Suka Ramai. Pemko Medan harus bisa menertibkan para pedagang dengan tidak mengesampingkan nasib mereka. Salman pun berharap Pemko Medan mencari solusi agar para pedagang yang selama ini menggantungkan nasibnya sebagai PKL tetap dapat mencari rejeki untuk menghidupi keluarga mereka.

Salman pun berharap solusi yang diberikan Pemko Medan seperti halnya kepada para PKL di Pasar Petisah. Untuk penertiban dilokasi ini menurut Salman dapat dijadikan contoh sebagai keberhasilan Pemko Medan dalam hal ini PD Pasar yang menfasilitasi PKL di Basement Pasar petisah .

Menyinggung soal lambanya penertiban terkait pedagang di Jalan Sutomo, Salman berharap agar tim penertiban langsung dipimpin Wali Kota Medan agar berjalan lebih maksimal. Pasalnya berdasarkan pengalaman yang ada tim penertiban tidak berjalan maksimal karena diketuai oleh setingkat Kepala SKPD.

Advertisement

“Pasti lebih maksimal jika tim penertiban ini langsung diketuai pak Dzulmi Eldin. Hal ini akan memudahkan koordinasi dan sinergisitas antar instansi seperti halnya Pemko Medan dengan pihak Kepolisian,” pungkasnya.

Sebelumnya Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Medan, Benny Sihotang menyatakan pihaknya akan terus melakukan penertiban pedagang yang ada di kawasan Jalan Sutomo. Meski para pedagang mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, namun rencana penertiban tetap dilakukan.

“Penertiban terus berjalan. Rencananya dalam waktu dekat kami akan menjadwalkan pengosongan kawasan Sutomo itu sampai pedagang tidak berjualan lagi di sana. Waktunya sedang diatur Kasatpol PP, Muhammad Sofyan. Karena penertiban ini sudah menjadi aturan dari Pemko Medan, jadi harus dijalankan,” tegas Benny.

Menurutnya, langkah pedagang mengajukan gugatan ke PTUN Medan terhadap surat edaran Wali Kota tentang pengosongan lokasi kawasan Sutomo, bukan berarti menghentikan penertiban. Pasalnya gugatan tersebut masih sebatas pendaftaran dan belum ada putusan hakim yang melarang dilakukannya penertiban. (wol/muhammad rizki/data1)

Editor: SASTROY BANGUN