DPRD Minta Pemko Tertibkan Papan Reklame di Medan

WOL Photo

MEDAN, WOL –  Pemko Medan diminta membentuk tim penertiban papan reklame yang kian menjamur di Kota Medan. Menurut Anggota Komisi D DPRD Medan, Sabar Syamsuria Sitepu, tim ini harus dikordinir oleh inspektorat dan sifatnya sementara.

“Bentuk saja tim penertiban. Tidak usah badan atau berbentuk dinas. Merekalah yang menertibkannya. Sehingga Medan tidak jadi hutan reklame atau menyemak. Begitu selesai, tim ini dibubarkan. Dinas terkait kembali mengelolanya dari awal. Dulu pernah dibuat seperti itu, hasilnya bagus. Jadi, tidak perlu dialihkan ke SKPD lain,” ujar Sabar kepada wartawan, Jumat (08/05.

Menurut dia sah-sah saja pengelolaan reklame dialihkan ke instansi, apalagi ke BPPT. Sebab, pengurusan izin benar-benar satu pintu. Tapi, hal itu bisa memperlama pengurusan izin. Sebab, harus ada rekomendasi dari dinas terkait tekhnis. Tentunya ini akan memperlama. Saat ini saja, tidak perlu rekomendasi dari instansi lain pengurusan ini menjadi lama. Apalagi ditambah. Kecuali ada aturan baku yang mengatur tidak perlu rekomendasi dari dinas lain.

“Harus ada aturan yang tidak perlu rekomendasi atau izin itu diurus langsung. Bila tidak, maka semakin lama,” ungkapnya.

Dijelaskan, melihat persoalan yang terjadi saat ini bukan terletak pada siapa yang mengelolanya, tapi sekarang Medan sudah menjadi hutan reklame. Izin tidak ada diterbitkan, namun jumlahnya bertambah. Semakin banyak reklame baru berdiri dan saling tumpang tindih, seperti di Jalan Kesawan dan Jalan Gatot Subroto, tepatnya depan Plaza Medan Fair.(wol/data1)

Advertisement

Editor: SASTROY BANGUN