DPR Minta Puan Maharani Segera Mundur

Istimewa

JAKARTA, WOL – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, meminta Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, mundur dari posisi sebagai anggota DPR RI. Hingga hari ini Pimpinan DPR belum menerima surat pengunduran Menteri Puan.

“Puan kan sudah jadi menteri, sudah sewajarnya mengundurkan diri. Sampai hari ini belum,” katanya di Jakarta, Jumat (29/5) malam.

Sesuai mekanisme menurut Fadli, fraksi PDIP akan melakukan pergantian antar waktu (PAW). Di mana PAW dilakukan untuk mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Puan.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan meski belum mundur dari jabatan anggota DPR RI, tapi Puan sudah tidak menerima gaji sebagai anggota legislatif. “Ini karena Sekjennya berinisiatif, jadi dihentikan,” katanya.

Fadli menambahkan,  pimpinan DPR sedang melihat apakah ada tidaknya potensi pelanggaran karena Puan belum mengundurkan diri. “Kalau ada kita surati resmi. Kami inisiatif untuk menyurati,” katanya.

Advertisement

Kondisi ini berbeda dengan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Menurutnya Tjahyo sudah mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI.

“Pak Tjahjo belum ada penggantinya. Kita menunggu penggantinya dari PDIP. Sebenarnya ada hak rakyat untuk mempunyai wakil di parlemen,” katanya.(viva/data1)