Cavs Jawara Wilayah Timur

AP
Iklan

CLEVELAND, WOL – Cleveland Cavaliers memastikan gelar juara NBA Wilayah Timur, setelah sukses mengalahkan Atlanta Hawks 118-88 pada Game 4 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Rabu (27/5).

Dukungan fanatik yang tiada henti dari publik Cavs turut memiliki andal bagi sukses tim asuhan David Blatt menyapu bersih seri 4-0. Dipimpin LeBron James, tuan rumah langsung tancap gas dan mengunci kuarter pertama 32-20.

Dominasi Cavs juga terulang pada kuarter kedua dengan permainan efektif saat menyerang maupun bertahan. Alhasil, Kyrie Irving cs memasuki ruang ganti dengan keunggulan 59-42.

Keinginan Hawks untuk bangkit di kuarter ketiga pun langsung dipatahkan Cavs yang juga mengulangi ketangguhannya. Seolah ingin memastikan tiket final lebih dini sekaligus status jawara wilayah Timur, LeBron dan kawan-kawan tidak memberi ampun kepada Jeff Teague cs. Memasuki kuarter keempat, Cavs unggul telak 85-60.

Kemenangan empat kali berturut-turut ini menjadi modal penting bagi Cavs jelang Final NBA. Kini, mereka hanya tinggal jawara Wilayah Barat antara Golden State Warriors atau Houston Rockets. Warriors masih memimpin 3-1 dan tinggal mencari satu kemenangan lagi pada Kamis (28/5) besok.

iklan

“Kami memiliki segala yang dibutuhkan untuk memenangkan pertandingan ini. Bagi publik Cleveland dan seluruh Ohio, ini menjadi kemenangan dan malam nan emosional,” ungkap LeBron.

Dengan performa apiknya sepanjang laga, LeBron mendulang 23 angka. Cavs juga dibantu Tristan Thompson dengan cetakan 16 angka 11 rebound, JR Smith 18 poin 10 rebound, dan Kyrie Irving 16 poin.

LeBron ikut mengantar Cavs ke Final NBA untuk pertama kali sejak musim 2006-2007 sebelum kalah dari San Antonio Spurs. Pada 2010, LeBron meninggalkan Cavs dan bergabung Miami Heat. Sejak itu, prestasi Cavs anjlok dan kesulitan mencari performa terbaik dalam empat musim terakhir.

Pelatih David Blatt juga mengaku lega timnya dapat meraih tiket final. Padahal, diakui perjuangan Cavs tidaklah mudah mengingat cedera panjang Anderson Varejao di awal musim. Tanpa center asal Brazil tersebut, Cavs memiliki rekor 19-20 plus sempat diperparah dengan cedera Kevin Love.

“Kehilangan Varejao dan Love membuat kami terpukul. Namun, kehadiran JR (Smith), Imam (Shumpert), dan Timofey (Mozgov) mampu mengobati luka tersebut. Ditopang LeBron dan Kyrie (Irving), kami sekarang tidak takut lagi,” ujar Blatt.

(wol/ap/data2)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan