Warga Tidak Tahu Ada Pabrik Sabu di Gang Bendungan Medan

WOL Photo/Lihavez
Iklan

MEDAN, WOL – Penggerebekan satu unit rumah yang dijadikan pabrik pembuatan sabu-sabu di Jalan Jamin Ginting, Gang Bendungan, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara, Sabtu (25/4) sekitar pukul 02.30 dinihari, mengejutkan warga sekitar.

Bahkan kepala lingkungan sendiri pun tidak mengetahui adanya sebuah rumah yang dijadikan sebagai tempat pembuatan sabu-sabu.”Saya tidak mengetahui ada tempat pembuatan narkoba di sini. Setahu aku rumah itu ditempati Eric Barus. Dimana rumah itu adalah milik orang tuanya,” ucap Tagor salah seorang warga sekitar saat ditemui Waspada Online, Sabtu (25/4).

Tagor menyebutkan, Eric Barus sudah empat tahun tinggal di Jalan Jamin Ginting, Gang Bendungan tersebut. “Sudah 4 tahun dia tinggal di sini dek. Dia (tersangka) sehari-hari membuka usaha doorsmers dan bengkel vespa,” ujar Tagor yang kediamannya tidak jauh dari rumah pembuat sabu-sabu itu.

Sementara itu, H.M Sirait Kepala Lingkungan 13, Kelurahan Mangga saat ditemui Waspada Online juga mengatakan hal yang sama. “Tidak tahu saya kalo ada rumah yang dijadikan tempat pembuat sabu-sabu. Aktivitas di rumah ini pun saya tidak tahu.

Kepling, H.M Sirait menyebutkan, dirinya mengetahui informasi adanya rumah yang dijadikan tempat pembuatan narkotika ketika didatangi sejumlah warga. “Aku pun tau dari warga dan petugas BNN yang datang dek karena saya hanya mewakili dari kelurahan,” sebutnya.

iklan

Sementera itu, Kepala BNNP Sumut Kombes Pol. Arief Dimiati didampingi Kombes Pol Joko Susilo mengatakan, penggerebekan berdasarkan informasi dari warga sekitar yang menyebutkan ada sebuah rumah yang dijadikan home industri pembuatan sabu-sabu.

“Saat dilakukan penggerebekan kita berhasil menemukan beberapa jerigen cairan zat kimia yang diduga jenis sabu-sabu dan alat cetak di kediaman berinisal E tersebut,”katanya kepada Waspada Online.

Kombes Pol Arief menyebutkan, pihak saat ini akan melakukan uji laboratium untuk memastikan apakah benar cairan zat kimia tersebut merupakan narkotika jenis sabu-sabu. “Kita belum belum bisa memastikan. Tidak kita temukan narkotika sabu-sabu yang sudah jadi,” sebutnya.

Atas adanya hal ini membuat warga sekitar berhamburan keluar rumah untuk menyaksikan penggrebekan yang dilakukan pihak BNNP dengan senjata lengkap serta menjadi tontonan gratis. Petugas pun telah memberikan tanda garis polisi di rumah produksi narkotika jenis sabu-sabu tersebut. (wol/lihavez/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan