Sumut Bangkit Mestinya Menyeluruh

Iklan

MEDAN, WOL – Peringatan HUT Provinsi Sumatera Utara ke-67 dengan tema ‘Sumatera Utara Bangkit’ diharapkan tak hanya sekadar slogan semata, tetapi seluruh aspek mesti mampu dibangkitkan.

Ketua Pengprov PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) Sumatera Utara, Drs Willer Pasaribu, mengatakan Sumut Bangkit harus menyentuh langsung berbagai hal yang menyangkut persoalan masyarakat.

“Sumut Bangkit tentu memiliki konteks luas dan menjadi pekerjaan rumah bagi pemangku kepentingan. Sumut Bangkit harus diperhatikan secara menyeluruh, semua pihak harus bertanggungjawab dengan berbagai sektor,” ujar Willer baru-baru ini di Medan.

Mantan anggota DPRD Sumut itu melihat, olahraga tak bisa lepas sebagai salah satu faktor pembangunan yang juga harus menjadi bagiannya.

“Persiapan pembinaan atlet belum sesuai seperti yang diharapkan. Padahal, jika kita memimpikan prestasi, jelas atlet harus dipersiapkan sejak dini untuk mampu bersaing. Bukan dipersiapkan secara instan,” tutur Willer.

iklan

Secara prestasi, Sumut memang jelas kalah dengan daerah lain. Ini tak bisa dipungkiri, jika dibandingkan dengan Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, dan lainnya. Saat akan menghadapi Porwilsu seperti sekarang ini, Willer menyebutkan daerah lain sudah try out dan mempersiapkan atletnya lebih matang, sedangkan Sumut belum apa-apa.

Menurut Ketua Harian KONI Sumut, John Ismadi Lubis, sepatutnya Sumatera Utara menempatkan diri posisi lima besar dalam hal prestasi olahraga. Pertimbangannya, Sumut merupakan provinsi keempat terbesar di Indonesia dengan 19 juta lebih jiwa.

“Anggaran kita belum memadai. Kalau melihat Provinsi Sumut terbesar keempat di Indonesia, seharusnya posisi kita lima besar di PON. Kalau ini mau tercapai, harus didukung dengan anggaran besar,” jelasnya.

Namun John yakin, patriot olahraga Sumut mampu bersaing dengan daerah lain kendati dengan anggaran terbatas.

Sekretaris KONI Sumut, Chairul Azmi Hutasuhut, melihat seluruh SKPD Pemprovsu mesti berkemas mewujudkan Sumut Bangkit tersebut dan harus didukung seluruh pihak.

“Dari segi olahraga pun, aksi Pemprovsu tak bisa dikesampingkan begitu saja. Tahun ini saja, Pemprovsu menganggarkan pembangunan fasilitas GOR anggar dan boling. Yang sudah terealisasi, renovasi PPLP Sumut menjadi lebih representatif,” tuturnya.

Jika Pemprovsu bertekad menggalakkan Sumut Bangkit tersebut, tentunya harus ada keseriusan dari kepala daerah. Dalam hal ini, Gubsu Gatot Pujo Nugroho harus aktif mengakomodir seluruh SKPD.

“Tentu Gubsu menjadi leader. Tanpa keseriusan dan arahan dari pimpinan, saya jamin tidak akan maksimal dan hanya sebatas wacana saja,” pungkas Chairul. (wol/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan