Persoalan Anggaran Hantui Pelaksanaan Pilkada Serentak

Istimewa

JAKARTA, WOL – Persoalan anggaran masih menjadi salah satu masalah krusial dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2015.

Sebagai penyelenggara Pilkada, KPU terbentur pada kenyataan atas banyaknya daerah yang belum memiliki anggaran untuk menggelar Pilkada. Padahal tahapannya sudah dimulai sejak April.

Demikian disampaikan Ketua Komisi IzI DPR, Rambe Kamarulzaman dalam diskusi “Pilkada Serentak” di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/4).

“Dari anggaran ini kami sepakat dari APBD dibantu APBN. Sebenarnya kami semua sudah mempertanyakan ini. Kalau Desember 2015 apa masalah anggaran ini dapat teratasi? Kita Komisi II sudah berunding lama soal itu dan akhirnya dapat dicari jalan keluarnya yaitu kalau sudah tak bisa dianggarkan, ya jadi dana hibah,” ujarnya.

Rambe menambahkan, sebenarnya pihaknya mengusulkan agar Pilkada serentak digelar pada Februari 2016. Namun KPU telah menyatakan kesiapannya untuk menggelar Pilkada di tahun 2015.

Advertisement

“Kan kami sudah usulkan bagaimana kalau 2016. Tapi kata KPU mereka siap tahun 2015. Jadi ya sekarang tinggal bagaimana kita mencari jalan keluarnya dengan baik,” demikian politikus Golkar ini. (rmol/data2)