Perppu KPK Jadi Undang-undang

WOL Photo
Iklan

JAKARTA, WOL – Rapat paripurna DPR akhirnya menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) nomor 1 tahun 2015 tentang KPK Menjadi Undang-undang.

Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon ini berlangsung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (24/4) malam dengan dihadiri 333 orang anggota.

“Apakah RUU tentang Penetapan Perppu No 1 Tahun 2015 tentang Perubahan atas UU No 30 Tahun 2002 tentang KPK dapat disahkan menjadi UU?” tanya Fadli.

Para anggota rapat paripurna pun menyatakan setuju Perppu tersebut menjadi Undang-undang.

Sebelumnya, Perppu KPK ini sendiri diterbitkan Presiden Joko Widodo untuk mengangkat tiga pimpinan sementara KPK, yakni Taufiequrrahman Ruki, Johan Budi dan Indriarto Seno Adji.

iklan

Ketiganya ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengisi kekosongan setelah dua komisoner KPK, Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri. Adapun satu pimpinan KPK lainnya untuk menggantikan Busyro Muqqodas yang telah memasuki masa pensiun pada Desember 2014.

Adapun dalam Perppu ini, Presiden menambahkan beberapa pasal pada Undang-undang nomor 30 tahun 2002 tentang KPK, yaitu menambah pasal 34A dan 34B. (inilah/data2)

Iklan