Medan 10-K Target 5.000 Peserta

MEDAN, WOL – Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Medan akan menggelar lomba lari 10-K dan 5-K pada 24 Mei 2015. Kegiatan ini untuk menyambut HUT Kota Medan ke-425 yang jatuh pada 1 Juli mendatang.

“Lewat kegiatan ini, Pemko Medan ingin lebih menggelorakan olahraga atletik di tengah masyarakat,” ujar Kadispora Medan, Drs Abdul Aziz didampingi Kabid Peningkatan Prestasi Drs Azam Nasution MAP, usai Rapat Persiapan Panitia di Kantor Dispora Medan baru-baru ini.

Dikatakan, untuk menyemarakkan kegiatan ini, pihaknya menargetkan lomba diikuti 5.000 peserta. Selain warga Medan, lomba juga bisa diikuti peserta dari seluruh kabupaten/kota di Sumut. Dalam lomba ini, panitia menyiapkan hadiah uang tunai total Rp50 juta.

“Kegiatan ini juga menjadi ajang mengukir prestasi. Selain itu, bisa dijadikan arena menjaring bibit-bibit atlet potensial bagi PASI Medan maupun Sumut. Makanya kegiatan ini juga melibatkan pihak PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia),” tambah Abdul Aziz.

Azam Nasution menambahkan, Dispora Medan mendorong semua kalangan, khususnya sekolah-sekolah di Kota Medan untuk mengirimkan siswanya mengikuti perlombaan ini. Apalagi kegiatan ini sejalan dengan visi Wali Kota Dzulmi Eldin menjadikan Medan Kota Atlet.

Advertisement

“Kepada kabupaten/kota di Sumut, diharapkan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kita tidak membatasi jumlah peserta dan pendafaran gratis tanpa dipungut biaya,” ucap Ketua Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kota Medan itu.

Ketua Panitia, Yon Alferi SPd MSi dan Bidang Teknis Drs Suharjo MPd, menjelaskan lomba lari 10-K dikuhususkan untuk peserta umum termasuk atlet. Sedangkan kategori 5-K khusus bagi pelajar non atlet. Untuk peserta yang datang dari di luar Kota Medan, hanya bisa mengikuti perlombaan untuk kategori umum, walau pun masih berstatus pelajar.

“Untuk 10-K dan 5-K, mempertandingkan kategori putra dan putri. Pemenang yang mendapatkan hadiah adalah peserta yang menduduki peringkat pertama hingga delapan putra/putri. Untuk start dan finish akan dilakukan di Jl Jenderal Sudirman Medan (depan Rumah Dinas Wali Kota Medan), bersamaan dengan kegiatan car free day,” bebernya.

Ditambahkan, bagi calon peserta dapat mendaftar langsung di Kantor Dispora Medan Jl Ibus Raja Medan atau menghubungi CP 081264390860/081361674830. “Pendaftaran dibuka mulai 24 April hingga 20 Mei,” pungkas Yon.(wol/waspada/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL