KPU Sumut: 9 Kabupaten/Kota Belum Anggarkan Dana Pilkada

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara mengklaim telah siap menyelenggarakan pemilihan kepala daerah. Namun anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Yulhasni menyebutkan, dari 23 kabupaten/kota penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada), 9 diantaranya belum memiliki anggaran kegiatan.

“Sejumlah 14 kabupaten/kota sudah mengalokasikan anggaran untuk Pilkada. Yang lainnya ada yang sudah mengajukan tapi belum disahkan. Ada juga yang akhirnya menggunakan dana cadangan seperti di Madina,” terang Yulhasni, Senin (13/4).

Ia menerangkan, semula KPU pusat hanya memberlakukan Pilkada serentak di 14 kabupaten/kota diantaranya Kota Medan, Binjai, Sibolga, Pematang Siantar, Kabupaten Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Toba Samosir, Asahan, Labuhan Batu, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun, dan Labuhan Batu Utara. Namun dengan adanya peraturan pemerintah pengganti UU (Perppu) tentang Pilkada ditetapkan menjadi UU, ada sembilan daerah lain di Sumut yang ditambahkan untuk mengikuti Pilkada serentak.

“Sejumlah 9 daerah itu adalah Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Karo, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan, dan Kota Gunung Sitoli,” tuturnya.

Meski demikian, pihaknya mengkhawatirkan masalah anggaran ini dapat mengganggu penyelenggaraan Pilkada di daerah yang bersangkutan. “Padahal kalau sudah dianggarkan, tahapan akan cepat berlangsung,” katanya. (wol/data2)

Advertisement

Penulis: CAESSARIA INDRA DIPUTRI
Editor: SASTROY BANGUN