JK: Parpol Harus Selesaikan Konflik Internal

kompasiana.com

JAKARTA, WOL – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak gelombang pertama tak boleh terpengaruh kisruh internal partai. Ia pun meminta agar partai justru lebih fokus dan segera menyelesaikan masalah internalnya.

“Pendaftarannya kan bulan Juli nanti, masih dua bulan. Jadi justru partai itu memang harus menyelesaikan masalah internalnya,” kata Kalla di kantor Wapres, Jakarta, Senin (27/4).

Ia melanjutkan, pemerintah tak akan mencampuri masalah internal partai. Persoalan internal partai itu pun, tegas Kalla, tak akan mempengaruhi pelaksanaan pilkada.

“Masa kalau satu tahun tidak kelar, memangnya tidak mau pilkada setahun gara-gara itu. Kan tidak. Kaya mobil jalan kalau nggak ada penumpangnya ya apa boleh buatlah,” kata dia.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dipanggil oleh Komisi II DPR RI pada Senin (27/4) ini. Pemanggilan ini terkait pembahasan rancangan mekanisme di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mengatur pihak mana yang berhak untuk mengikuti pilkada. Sebab, Golkar dan PPP saat ini terancam tak dapat mengikuti pilkada akibat kisruh internal masing-masing partai.(republika/data1)

Advertisement