Izin Khusus Jual Minol akan Terbit

WOL Photo/Ilustrasi
Iklan

JAKARTA, WOL – Setelah memberlakukan pelarangan penjualan minuman beralkohol (minol) di minimarket pada 16 April lalu, pemerintah kembali membuat gebrakan dengan rencana mengeluarkan aturan terkait izin khusus untuk pedagang atau toko yang boleh menjual minol.

“Kita akan keluarkan izin khusus menjual minuman beralkohol,” ungkap Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, hari ini usai acara World Economic Forum  di Jakarta.

Gobel menjelaskan, pemerintah akan mengatur ulang peredaran minuman beralkohol di Tanah Air. Pasalnya, selama ini bebasnya distribusi minuman beralkohaol berdampak buruk untuk masyarakat luas. Banyak anak-anak usia sekolah yang bisa mengakses minuman beralkohol yang dijual bebas dan hal tersebut mengganggu ketertiban dan membuat keresahan masyarakat.

“Pemerintah punya kewajiban untuk menjaga konsumen. Kita bukan mengharamkan, kita enggak mau itu terjual begitu saja, dikonsumsi anak-anak sekolah (lalu mabuk) dan menimbulkan keresahan,” ujar Gobel.

Gobel menambahkan pihaknya masih mempelajari lebih lanjut untuk memberlakukan aturan perizinan ini. Tentunya, pemerintah akan melibatkan para produsen atau agen tunggal untuk mengatur kembali distribusi minuman beralkohol.

iklan

“Justru intinya kita atur peredaran minuman beralkohol itu agar bisa dikontrol pemerintah. Kita minta agen juga ikut bertanggung jawab,” pungkasnya. (mtn/data1)

Iklan