Istana Klaim Jokowi Tak Pernah Ingin Reshuffle Kabinet

setkab.go.id

JAKARTA, WOL – Istana membantah bahwa Presiden Joko Widodo pernah memunculkan wacana reshuffle kabinet. Jokowi hanya akan mengevaluasi kinerja para menterinya, bukan merombak menteri-menteri Kabinet Kerja.

“Tidak pernah kata itu (reshuffle) dimunculkan oleh Presiden. Yang dimunculkan adalah evaluasi kinerja,” ujar Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (13/4) malam.

Andi mengatakan, evaluasi kinerja menteri dilakukan langsung oleh Jokowi selaku pemilik hak prerogatif. Ketika ditanya peran Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan dalam memberikan rekomendasi atau penilaian, Andi bungkam.

“Itu langsung ke presiden soal evaluasi,” kata Andi.

Presiden Jokowi memperluas kewenangan Luhut melalui Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2015 tentang Kantor Staf Presiden. Menurut Jokowi, perlu ada pihak lain yang mengawasi kinerja kabinet secara berkala.

Advertisement

Pengawasan itu bukan dari kementerian melainkan dari Kantor Kepresidenan. Luhut didiyakini dapat mengevaluasi kinerja seluruh menteri Kabinet Kerja, sama halnya dengan peran Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (metrotvnews/wol/data1)