DPR Dukung BBM Pertalite

WOL Photo

JAKARTA, WOL – Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi langkah PT Pertamina (Persero) yang siap meluncurkan produk varian baru dari Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite. Alasanya, masyarakat bisa memperoleh berbagai produk BBM.

“Saya berpendapat kebijakan ini bagus, dalam arti masyarakat punya pilihan memilih bensin dengan berbagai macam oktan sehinggan pilihannya lebih banyak,” jelas Anggota Komisi VII DPR Kurtubi di Jakarta, hari ini.

Kurtubi menilai, BBM itu berkadar oktan lebih tinggi dari Premium sehingga kualitas bahan bakar jauh lebih baik. “Ini oktan 90 lebih tinggi atau lebih bagus daripada yang RON 88 yang dipakai masyarakat selama ini,” ujar dia.

Ia menambahkan, sudah seharusnya masyarakat memperoleh bahan bakar yang ramah lingkungan dan ekonomis. Menurut dia, beberapa masyarakat enggan menggunakan Pertamax dinilai akibat mahalnya bahan bakar tersebut.

“Masyarakat yang meningingkan bensin lebih bagus dari Premium tapi harga lebih murah dari Pertamax, mereka punya kesempatan sekarang. Tapi bergantung kepada rakyat nanti responsnya seperti apa,” papar dia.

Advertisement

Pertamina segera meluncurkan produk BBM Pertalite pada awal Mei 2015. Rencana berlaku menyusul pertimbangan rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas. Tim besutan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said itu meminta agar Pertamina meniadakan Premium secara bertahap.

Ada indikasi, pengadaan Premium menimbulkan kecurigaan lantaran produk dengan oktan 88 tidak ada lagi di pasar global. Di samping itu, sudah saatnya Indonesia menggunakan BBM dengan minimum oktan 92.(inilah/data1)