Disporasu rekrut sarjana program PSP-3

Iklan

MEDAN, WOL – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu (Disporasu) akan merekrut sarjana dalam program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan (PSP-3) tahun 2015.

“PSP-3 ini merupakan program pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Proses rekrutmen melalui pendaftaran telah berlangsung sejak 15 Maret dan akan berakhir pada 10 Mei 2015,” ujar Kadisporasu, H Baharuddin Siagian SH MSi didampingi Kabid Bina Kepemudaan Disporasu, H Tohir SPd, Jumat kemarin.

Menurut Baharuddin, sesuai surat Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, desa penempatan program PSP-3 ditetapkan kuota calon peserta dari Sumut 36 orang sarjana. Para sarjana tersebut nantinya ditempatkan di dua kabupaten, yakni Batubara dan Asahan.

Baharuddin pun memohon kepada wali kota dan bupati serta para Kepala SKPD Provsu, khususnya yang menangani bidang kepemudaan dan olahraga untuk mempersiapkan sekaligus menginformasikan kepada para sarjana daerah masing-masing.

H Tohir SPd mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta, di antaranya peserta adalah sarjana dari berbagai disiplin ilmu dengan usia maksimal 29 tahun sesuai identitas KTP. Calon peserta wajib melampirkan pasfoto 3×4 berwarna (4 lembar), fotokopi KTP dan ijazah (menunjukkan ijazah asli) plus transkrip nilai.

iklan

“Khusus biodata, bentuk lamaran, blanko surat pernyataan sanggup ditempatkan di lokasi desa wilayah Provinsi Sumatera Utara dan surat pernyataan orangtua, disediakan oleh panitia penyelenggara (bidang kepemudaan Disporasu),” kata Tohir.

Lebih lanjut Tohir mengatakan, calon peserta dapat menghubungi Dispora/Kanpora maupun Bagpora kabupaten/kota masing-masing untuk mendaftar mengikuti seleksi program PSP-3 ini. Tohir menambahkan, calon peserta diutamakan aktif dalam organisasi kepemudaan yang diperkuat dengan sertifikat atau surat keputusan ketua organisasi kepemudaan dimaksud.

“Seleksi administrasi akan dilaksanakan pada 12-14 Mei 2015, pengumuman hasil seleksi administrasi 16 Mei 2015, dan tes tertulis serta wawancara dilakukan 26-30 Mei 2015. Untuk pengumuman hasil seleksi 9 Juli 2015,” pungkas Tohir.  (wol/waspada/data2)

Editor: Austin TUMENGKOL

Iklan