Wagubsu: Generasi muda harus punya semangat prajurit

WOL Photo
Iklan

MEDAN, WOL – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengimbau generasi muda untuk memiliki semangat prajurit (spirit of soldier is never die).

Semangat tersebut tidak dimaksudkan dalam urusan angkat senjata, tetapi lebih luas lagi yakni semangat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif.

Imbauan tersebut dikemukan Tengku Erry Nuradi saat membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) Sumut, sekaligus Pembentukan Pengurus Himpunan Putra-Putri Keluarga Besar Angkatan Darat (HIPAKAD) Sumut di Balai Prajurit Kodam I/BB, Jalan Gatot Subroto Medan, hari ini.

Hadir sejumlah perwakilan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) Sumut, Ketua DPRD Sumut H Ajib Shah,  Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Sumantri, Ketua PPAD Sumut Mayjen TNI (Purn) Haposan Silalahi, Ketua Badan Pengkajian PPAD Pusat Letjen TNI (Purn) Kiki Shanakri, pengurus Lembaga Beteran Republik Indonesia (LVRI) Sumut, Dewan Harian Daerah (DHD) 45 dan perwakilan organisasi kepemudaan.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menekankan, pengurus dan seluruh anggota HIPAKAD Sumut, wajib memiliki semangat keprajuritan. Semangat itu sangat dibutuhkan dalam mengisi kemerdekaan dengan melakukan berbagai kegiatan bermanfaat dan positif.

iklan

“Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan padat karya. Bisa dalam bentuk membangun usaha, peduli terhadap pemberantasan narkoba, pencegahan HIV/AIDS, pembekalan keahlian bagi masyarakat dan lain sebagainya,” terang Erry.

Semangat prajurit tidak terlepas dari semangat pantang menyerah. Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang efektif akan diberlakukan akhir Desember 2015 merupakan peluang sekaligus tantangan. Generasi muda harus memiliki strategi agar tidak tergilas dari pemberlakuan MEA.

“Kita harus menjadi pemenang di negari sendiri. Untuk itu, gereasi muda harus menyiapkan diri dengan berbagai keahlian. Jika tidak, kita akan menjadi penonton di negeri sendiri,” papar Erry.

Masa perjuangan merebut kemerdekaan, prajurit berjuang menggunakan senjata mengusir penjajah dari bumi nusantara. Saat ini, generasi muda juga harus berjuang melawan pembodohan dan kemiskinan.

“Generasi muda harus memiliki semangat yang jauh lebih kuat dari para pejuang kita terdahulu. Tantangan di masa mendatang, jauh lebih berat, karena Indonesia terus diserang dalam berbagai cara, termasuk narkoba, pelumpuhan moral dan masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan norma dan etika,” tambah Erry.

Dalam kesempatan yang sama, Erry juga berharap purnawirawan yang tergabung dalam PPAD Sumut, untuk tetap mengabdikan diri dalam mendorong pembangunan di Sumut.

“Meski telah tidak dalam ikatan dinas, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat membutuhkan peran purnawirasan dalam mendorong laju pembangunan di Sumut. Baik itu dalam bentuk ide, saran dan masukan, sangat kami butuhkan,” ujar Erry.

Sementara Ketua Umum Pengurus Pusat PPAD, Letjen TNI (Purn) Suriadi menegaskan, pengurus HIPAKAD Sumut telah diberi mandat untuk merangkul anggota yang memiliki rasa kesetiakawanan tinggi dalam menjalanka roda organisasi.

“Pesan saya, jaga kekompakkan dan bantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan. Tetapi jangan sampai lupa, bantu masyarakat keluar dari masalah,” ucap Suriadi.

Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Soemantri menyatakan rasa bangga atas terbentuknya HIPAKAD Sumut. Untuk itu, putera pueteri TNI AD harus menjadikan HIPAKAD Sumut sebagai wadah dalam membentuk generasi muda kreatif dan berkualitas.

“HIPAKAD harus menjadi lokomotif terdepan dalam meningkatkan organisasi kepemudaan. HIPAKAD juga lahir dan dibentuk untuk membina kelompok pemuda yang mandiri, berwawasan kebangsaan, berjiwa patriot dan rela berkoban untuk keutuhan NKRI,” harap Sumantri.

Tidak hanya itu, HIPAKAD Sumut juga harus mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan generasi muda dan lingkungan masyarakat dengan program-program strategis yang bersentuhan dengan pengembangan kualitas kepemudaan serta peduli dengan kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.

Sumantri juga berpesan, Musprov PPAD Sumut menjadi langkah strategis dalam mendorong pembangunan di Sumut. “PPAD Sumut diharapkan memberikan pemikiran dan ide sehingga mampu menghasilkan program-program strategis yang dapat dirasakan manfaatnya bagi kemajuan organisasi dan masyarakat,” tutup Sumantri. (data2/wol)

Penulis: RIDIN
Editor: SASTROY BANGUN

Iklan