Vettel & Ferrari is back!

f1live
Iklan

SEPANG, WOL – Sebastian Vettel benar-benar sudah menyatu dengan Ferrari, setelah menjuarai GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (29/3). Sukses ini sekaligus menandakan kebangkitan sang pebalap dan Ferrari.

Hebatnya, Vettel melewati garis akhir di depan dua driver Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Salah satu kunci kemenangan mantan pebalap Red Bull dalam balapan sebanyak 56 putaran itu adalah strategi dua pitstop, berbeda dengan Hamilton dan Rosberg.

Hasil itu juga mengakhiri puasa kemenangan Ferrari sejak GP Spanyol 2013 sekaligus pertama bagi Vettel naik podium tertinggi lagi sejak GP Brazil 2013. Pada seri pembuka di GP Australia, Vettel juga naik podium namun di posisi ketiga.

Vettel juga berhasil merusak dominasi duo Mercedes yang tampil dominan di seri awal. Hamilton, peraih pole position, mengawali balapan cukup baik. Jawara bertahan dari Inggris tersebut memimpin balapan di beberapa putaran pertama dengan dibayangi Vettel dengan selisih waktu 1.5 detik.

Memasuki lap sembilan, Vettel mengambil alih pimpin balapan dan menjaga jarak cukup aman dari Hamilton. Empat kali juara dunia ini hanya tersalip oleh Hamilton saat memasuki pitstop. Vettel memastikan kemenangan dengan catatan waktu 1 jam 41 menit 05,793 detik.

iklan

Hamilton menyusul di belakangnya dengan selisih waktu 8,5 detik, sedangkan Rosberg berada di posisi ketiga terpaut 12,3 detik. Ferrari kian menjadi ancaman serius bagi Mercedes, setelah Kimi Raikkonen merebut peringkat empat.

Komposisi 10 Besar dilengkapi Valtteri Bottas dan Felipe Massa (Williams), Max Verstappen, Carlos Sainz Jr (Toro Rosso), Daniil Kvyat, dan Daniel Ricciardo (Red Bull). Nasib sial pun lagi-lagi menimpa kubu McLaren-Honda, di mana Jenson Button dan Fernando Alonso gagal menyelesaikan balapan.

Di klasemen pebalap, Hamilton masih berada di puncak dengan raihan 43 poin ditempel Vettel yang terpaut dengan tiga angka. Rosberg tetap menjadi favorit dengan mengoleksi 33 poin disusul Massa (20) dan Kimi (12).

10 Besar GP Malaysia

Sebastian Vettel          Jerman/Ferrari             1:41.05.793

Lewis Hamilton          Inggris/Mercedes               +8.5

Nico Rosberg              Jerman/Mercedes             +12.3

Kimi Raikkonen          Finlandia/Ferrari               +53.8

Valtteri Bottas            Finlandia/Williams         +1.10.4

Felipe Massa               Brazil/Williams               +1.13.5

Max Verstappen          Belanda/Toro Rosso       +1.39.0

Carlos Sainz Jr            Spanyol/Toro Rosso       +1 lap

Daniil Kvyat               Rusia/Red Bull               +1 lap

Daniel Ricciardo         Australia/Red Bull         +1 lap (wol/autosport/data1)

 Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan