Kapal kargo tenggelam di Belawan ditemukan

WOL Photo/Ega Ibra

BELAWAN, WOL – Tim Search And Rescue (SAR) Gabungan pada pencarian hari keenam, akhir pekan, menemukan posisi Kapal Motor (KM) Kemala Endah yang tenggelam di Perairan Belawan, Provinsi Sumatera Utara.

“Keberadaan kapal kargo tersebut dapat dilihat para penyelam dari Tim SAR Medan yang langsung turun ke dasar laut di perairan Belawan,” kata Kepala Seksi Operasi SAR Medan Gusti Syaiful di Belawan, akhir pekan.

Menurut dia, KM Kemala Endah dapat dilihat para penyelam dalam jarak pandang lebih kurang dua meter  di dasar laut dengan kedalaman  mencapai delapan meter.

“Mudah-mudahan apa yang dilihat penyelam itu memang benar Kapal Kemala Endah, sehingga dapat lebih memudahkan untuk memantau perkembangannya,” ucap Syaiful.

Dia menjelaskan, penyelam yang berjumlah enam orang itu mengalami kesulitan saat berada di dasar laut, karena banyak kotoran berupa lumpur dan pasir.

Advertisement

“Kotoran tersebut banyak yang menempel di kacamata para penyelam, sehingga agak mengganggu penglihatan,” ucapnya.

Tim SAR Gabungan yang mencari tujuh orang lagi anak buah kapal (ABK) KM Kemala Endah yang hilang terdiri dari personel Ditpolair Polda Sumut, SAR Brimob Polda Sumut, dan Basarnas.
“Tim SAR berjumlah 28 orang dan menggunakan empat unit kapal motor melakukan penyisiran di sekitar perairan Belawan,” kata Syaiful.

Sebelumnya dua ABK KM Kumala Endah yang hilang di Perairan Belawan ditemukan, Kamis (26/3) siang. Kedua ABK itu atas nama Daniel Marganda Sinaga (28), juru mudi, penduduk Jalan Tanah Jawa, Pematang Siantar dan Sutimin (49), nakhoda, penduduk Mojosono, Boyolali, Jawa Tengah. (antara/data1)