Kane bintang baru Three Lions

AP
Iklan

LONDON, WOL – Inggris meraih kemenangan telak dalam lanjutan kualifikasi Euro 2016 di Wembley Stadium, London, Sabtu (28/3). Skuad The Three Lions melumat Lithuania empat gol tanpa balas.

Kemenangan ini membuat Inggris kokoh di puncak klasemen sementara Grup A dengan koleksi poin sempurna, 15 poin dari lima pertandingan. Inggris unggul enam poin dari tim posisi dua Slovenia yang mengantongi sembilan poin dari 5 laga.

Kemenangan atas Lithuania ini juga melanjutkan rangkaian hasil fantastis Inggris sejak tersingkir mengecewakan di Piala Dunia 2014 lalu. Sejak kejuaraan akbar di Brazil tersebut, Inggris menang tujuh kali beruntun.

“Saya pikir, sejak Piala Dunia kami tampil fantastis. Meraih beberapa kemenangan luarbiasa dan mencetak banyak gol. Tim yang sangat enerjik dan cepat,” kata Rooney.

“Saya pikir kini tim-tim lain di Eropa akan mewaspadai tim ini dan mereka pasti ketakutan,” tambah Rooney.

iklan

Selain kemenangan fantastis Inggris, cerita menarik dari skuad asuhan Roy Hodgson adalah performa debutan Harry Kane.

Penyerang tajam Tottenham Hotspur ini melengkapi kejayaan tuan rumah dengan gol di menit 73, setelah Rooney, Danny Welbeck, dan Raheem Sterling.

Kane, baru masuk menggantikan Rooney pada menit 71, langsung mencatatkan namanya di papan skor. Hebatnya, laga ini merupakan debut bagi striker berusia 21 tahun itu bersama tim senior.

“Harry Kane datang dan sepak bola internasional itu berbeda (dengan kompetisi di liga). Namun, mencetak gol setelah 80 detik masuk ke lapangan itu akan menjadi hal luar biasa baginya,” puji Rooney.

Pendapat sama pun dikemukakan pelatih Inggris, Roy Hodgson. Menurut Hodgson, Kane akan menjadi salah satu penyerang andalan Inggris di masa depan.

“Ini hal fanstastis untuk Kane. Kami semua turut senang kepadanya. Dengan caranya bermain, dia akan cocok bermain bersama Wayne Rooney. Dengan kehadirannya di dalam tim, kami akan bisa mengubah cara kami bermain,” kata Hodgson.

Hasil kualifikasi Euro 2016, Sabtu (28/3):
Grup C: Makedonia v Belarus 1-2, Slovakia v Luksemburg 3-0, Spanyol v Ukraina 1-0

Grup E: Inggris v Lithuania 4-0, Slovenia v San Marino 6-0, Swiss v Estonia 3-0

Grup G: Liechtenstein v Austria 0-5, Moldova v Swedia 0-2, Montenegro v Rusia (ditunda)
(data2/wol/soccerway/livescore)

Penulis: AUSTIN TUMENGKOL
Editor: M AGUS UTAMA

Iklan