Bappenas klaim dua tol laut mulai beroperasi

ISTIMEWA
Iklan

JAKARTA, WOL – Mahal dan lamanya distribusi logistik membuat pemerintah berencana mempercepat pembangunan konsep tol laut yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun dari 24 rute tol laut yang ingin dibangun, saat ini sudah ada dua tol laut yang mulai beroperasi.

Direktur Transportasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Prihartono, mengungkapkan, hingga Februari kemarin, sudah ada dua rute tol laut yang mulai beroperasi. Ia menyebut, dua rute tol laut itu yakni di Sorong-Waisai dan Surabaya-Makassar.

“Februari ini sudah dua yang beroperasi. Dua rute ini untuk melayani angkutan manusia dengan transportasi berjadwal untuk rute pendek (short sea shipping),” ungkap Bambang, hari ini.

Ia mengaku, kedua rute ini telah dilaksanakan oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni). Namun sayangnya, pengoperasian dua rute ini belum sesuai dengan prinsip tol laut.

“Tol laut kan harus ada jadwal rutin, kapan kapal tersebut berlayar dan kapan merapat. Saat ini baru melalui permintaan saja, bukan berjadwal seperti konsep tol laut,” ujar dia.

iklan

Dirinya berharap, dengan beroperasinya dua rute ini, maka tol laut akan segera direalisasikan dengan cepat. Dengan itu, visi untuk menciptakan konektivitas antarpulau dapat segera terwujud.

“Ini baru awal. Keseluruhan target kita itu 2016 atau 2017 sudah terkoneksi semuanya. Untuk dua rute ini, kita akan mengevaluasi pas semester pertama,” pungkas Bambang.
(data1/mtn)

Iklan