Home / WOL Video / VIDEO: Kendala Utama TIM SAR adalah Kedalaman Danau Capai 500 meter

VIDEO: Kendala Utama TIM SAR adalah Kedalaman Danau Capai 500 meter

TIGARAS, Waspada.co.id – Hingga hari kelima peristiwa kecelakaan KMP Sinar Bangun di Danau Toba, Tim Gabungan dari TNI, Polri dan Basarnas terus melakukan pencarian korban sejak Senin (18/6) lalu. Hingga hari ini, Jumat (22/6), korban kapal naas tersebut sudah 21 orang ditemukan. Namun 3 di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan laporan warga yang mendatangi Posko Tim SAR di Pelabuhan Tigaras, Simalungun, ada sekitar 192 orang. Namun jumlah ini diyakini masih simpang siur.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi, kepada awak media menjelaskan sulitnya Tim Penyelam melintasi kedalaman danau yang cukup ekstrim. “Kendala kita yang utama yaitu kedalaman air, jadi danau ini kedalamannya hingga 500 meter. Tidak bisa diselami olah manusia umumnya, karena maksimal manusia menyelam itu 50 meter,” ujarnya Perwira TNI AL bintang tiga ini. “Kejadian AirAsia waktu itu kedalaman airnya 30 meter, jadi di sini tidak bisa. Maka kita menggunakan sebuah alat bernama Multi-beam Side Scan Sonar. Kemampuan alat ini hingga 600 meter. Kita akan gerakkan alat ini ke arah lokasi sampai kita bisa menemukan di mana posisi kapal ini,” jelas Kepala Basarnas.

Dikatakannya, ada pengakuan korban yang selamat, bahwa banyak penumpang yang terjebak di dalam kapal saat KMP Sinar Bangun itu tenggelam. “Sementara korban yang kita temukan ini berada di luar kapal. Mudah-mudahan dengan alat ini kita bisa menemukan korban lainnya,” ungkap Marsekal Madya Syaugi.

Check Also

Perburuan KKB di Papua Terhambat Bukit dan Pegunungan

SEMARANG – Satgas gabungan TNI-Polri terus memburu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Sebelumnya petugas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: