Home / WOL Video / VIDEO: Hari Kelima Pencarian, Tim Gunakan Sonar untuk Deteksi Lokasi KM Sinar Bangun

VIDEO: Hari Kelima Pencarian, Tim Gunakan Sonar untuk Deteksi Lokasi KM Sinar Bangun

Waspada.co.id – Pencarian korban dan bangkai KM Sinar Bangun terus dilakukan hingga hari kelima kapal tenggelam di perairan Danau Toba. Personil Polres Samosir bersama tim gabungan juga menurunkan alat Multibeam Echo sounder (sonar) untuk membantu pencarian.

Kepala Badan SAR NAsional (Basarnas), Marsekal Madya TNI Muhamad Syaugi mengatakan, sonar diturunkan ke perairan Danau Toba untuk mendeteksi kedalaman Danau Toba serta untuk melokalisir kedalaman laut.

Beliau mengatakan kendala pencarian adalah kedalaman Danau Toba lebih dari 500 meter. Sementara tim penyelam, hanya mampu menyelam hingga maksimal 50 meter. Selain itu, arus deras juga menjadi kendala.

Sonar akan diturunkan untuk mencari tahu lokasi bangkai kapal. Terlebih, didapat informasi titik koordinat bangkai kapal berubah. Dia menduga, berubahanya lokasi bangkai kapal, karena arus air yang deras dan menyebabkan kapal bergeser.

Berdasarkan informasi yang didapat, kebanyakan korban terperangkap di dalam kapal ini. Oleh karena itu harus memakai alat agar bisa diangkat korbannya atau kapalnya.

Check Also

Mardiaz: Saya Akan Kawal Program Kapoldasu

MEDAN, Waspada.co.id – Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, dilantik sebagai Wakapolda Sumut menggantikan Irjen Pol ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: