Home / WOL Video / VIDEO: Bupati Samosir Minta Maaf Kepada Keluarga Korban KMP Sinar Bangun

VIDEO: Bupati Samosir Minta Maaf Kepada Keluarga Korban KMP Sinar Bangun

Waspada.co.id – Rapat bersama antara pemerintah kabupaten Samosir, Basarnas, TNI, Polisi, tokoh masyarakat, dan keluarga korban KM. Sinar Bangun di Posko Dapur Umum di Pelabuhan Simanindo (1/7).

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban KM Sinar Bangun dan menjelaskan kepada keluarga korban bahwa proses pencarian sudah maksimal, seperti yang dijelaskan oleh Agus Haryono Kasubdit di Basarnas sebagai perwakilan menjelaskan bahwa Tim Basarnas.

Basarnas sudah berupaya dengan berbagai cara mulai dari melibatkan penyelam, helikopter, alat sonar sampai mengerahkan robot ROV. Robot berhasil mendapat titik koordinat dan foto-foto korban dan kendaraan yang dibawa kapal. Dengan kedalaman penemuan kapal dikedalaman 450 meter dengan arus air yang sangat kencang sangat sulit untuk menarik kapal dan mengevakuasi para korban.

Untuk melakukan penyelaman untuk menyangkutkan alat penarik sangat mustahil dilakukan kemampuan penyelam biasanya kedalaman sampai 30-40 meter imbuhnya menambahkan. Musyawarah juga berlangsung di Balai Harungguan Djabanten Damanik, Pematang Raya, Simalungun, Minggu (1/7).

“Kita kemarin sudah ada musyawarah antara tim SAR gabungan, keluarga korban, yang dimotori Bupati Simalungun JR Saragih, bahwa korban sejumlah 164 orang itu akan diikhlaskan,” kata Kepala Kantor SAR Medan, Budiawan, Senin (2/7) pagi. Proses pencarian korban penumpang dan bangkai KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Senin (18/6), dipastikan akan dihentikan Selasa (3/7) besok.

Keluarga korban beserta Basarnas nantinya akan melakukan tabur bunga di perairan Danau Toba. “Juga ada kesepakatan pembuatan monumen,” jelas Budiawan. Tabur bunga dilakukan hari ini dan besok, atau hari ke-15 dan ke-16 operasi SAR tenggelamnya KM Sinar Bangun. Sejumlah pejabat, termasuk Menter Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, juga turut dalam acara itu. (wol, berbagai sumber/data1)

Check Also

Skuad Garuda Jaga Asa Lolos Grup

JAKARTA, Waspada.co.id – Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Timor Leste pada laga kedua Grup B ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: