_
Home / Warta / Teknologi / XL Axiata dan Kumpulan Emak Blogger Gelar Arisan Ilmu di Lampung
Istimewa

XL Axiata dan Kumpulan Emak Blogger Gelar Arisan Ilmu di Lampung

LAMPUNG, Waspada.co.id – Teknologi digital terus berkembang dengan cepat namun tidak semua orang mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Tantangan tersendiri bagi mayoritas perempuan Indonesia, terutama ibu-ibu, untuk mampu secara maksimal memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas sehari-hari.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui program Sisternet, bekerjasama dengan Kumpulan Emak Blogger (KEB) menggelar edukasi pemanfaatan sarana digital bagi kalangan perempuan bertajuk “Arisan Ilmu” di Lampung, Sabtu (3/8).

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menuturkan sesuai dengan namanya “Arisan Ilmu”, program ini akan berupa sharing ketrampilan dan pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai keperluan yang produktif dan positif dengan narasumber para praktisi berbagai bidang yang telah tergabung dalam KEB.

“Kami berharap masyarakat, khususnya teman-teman perempuan Indonesia di Lampung, bisa memanfaatkan secara maksimal kesempatan ini,” tuturnya.

Untuk acara di Lampung ini nanti akan disampaikan materi mengenai pengembangan hobi menjadi profesi. Peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi digital yang bisa diakses oleh siapa saja untuk mengembangkan potensi ekonomi seseorang, termasuk dari hobi atau kegemaran, menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi dan sosial.

“sejak diperkenalkan pada 2015, Sisternet terus berupaya untuk menjadi pelopor dalam menginisiasi solusi bagi banyak permasalah sosial yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan Indonesia. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari untuk menjembatani kesenjangan digital yang dianggap dapat menjadi akses bagi para perempuan Indonesia untuk terus maju,”katanya.

Enam kota tempat berlangsungnya acara Arisan Ilmu Sisternet ini nanti adalah Jakarta pada 6 Juli 2019, Yogyakarta (13 Juli), Solo (14 Juli), Lampung (3 Agustus), Bandung (18 Agustus), dan Makassar (14 September). Materi acara di Jakarta, yaitu “Memaksimalkan Instagram Dengan Konten yang Menarik”. Di Yogyakarta, “Cara Membangun Social Media Engagement”. Acara di Solo, “Hobi Menjadi Bisnis di Industri Kreatif”. Di Lampung dengan tema “Dari Hobi Jadi Profesi”. Di Bandung dengan tema “Digital Branding untuk UKM Perempuan”. Terakhir, di Makassar dengan tema “Ibu Pintar di Era Digital Zaman Now”.

“XL Axiata juga menyediakan konten video yang berisi beragam modul pintar dalam bentuk video dan artikel terkait literasi digital bagi para Ibu di Indonesia. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar,” jelasnya.

Di setiap kota, tersedia 100 kursi untuk peserta. Masyarakat yang berminat mengikuti, bisa mendaftar dengan cara menjadi member Sisternet di https://www.sisternet.co.id/page/event.

“Kumpulan Emak Blogger (KEB) merupakan komunitas blogger yang berisi para perempuan dengan latarbelakang berbeda yang sudah dikaruniai anak ataupun belum. Komunitas ini berdiri sejak 18 Januari 2012, tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Lampung, hingga Makassar, Bengkulu, dan kota-kota besar lainnya. Hal ini kemudian menjadi latarbelakang terciptanya kolaborasi antara Kelas Literasi Digital Sisternet dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang peduli dengan kemajuan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital saat ini. Harapannya, tingkat “melek digital” kaum perempuan di berbagai daerah di Indonesia akan terus meningkat,” ungkapnya.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018 memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna Internet di Indonesia mengalami peningkatan mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8% dari total populasi dan diperkirakan masih terjadi peningkatan yang signifikan pada tahun selanjutnya melihat massifnya pertumbuhan teknologi saat ini. Penetrasi internet di kawasan urban dan rural pun terus mengalami pertumbuhan yang relatif seimbang. Sementara itu, masih dari data yang sama menunjukkan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2%.

“Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya Ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari,”tandasnya.(wol/rls/data1)

Check Also

Teknologi Google AI Bantu Petugas Patroli Untuk Lindungi Hutan Sumbar

SUMBAR, Waspada.co.id – Memanfaatkan ponsel bekas, baterai, dan panel surya, Rainforest Connection menciptakan alat “The Guardian” ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.