Home / Warta / Mancanegara / Xi Jinping Kirim Surat Personal ke Kim Jong-un
Presiden China Xi Jinping dan Pemimpin Korut Kim Jong-un (dok. KCNA/via Reuters)

Xi Jinping Kirim Surat Personal ke Kim Jong-un

BEIJING, Waspada.co.id – Presiden Xi Jinping menulis surat untuk Kim Jong-un secara personal dengan tujuan memperkuat relasi China dan Korea Utara.

Surat tersebut dikirim langsung oleh anggota Komite Tetap Politbiro Partai Komunis China, Li Zhanshu, saat menghadiri parade peringatan 70 tahun kemerdekaan Korut di Pyongyang pada Minggu (9/9).

Dalam suratnya, Xi memuji upaya Kim Jong-un yang berfokus “mengembangkan ekonomi dan meningkatkan penghidupan warga Korea Utara melalui jalur strategis baru.”

“China dan Korea Utara, melalui tiga pertemuan puncak bersama Kim, membuka babak baru dalam pengembangan hubungan bilateral,” kata Xi dalam suratnya seperti dikutip China Central Television yang diwartakan kantor berita Yonhap, Senin (11/9).

“Saya ingin mengembangkan relasi Korea Utara-China lebih lebih cepat dengan mengimplementasikan pemahamanan yang sama dari kedua negara.”

Dikutip The Straits Times, saat bertemu dengan Kim, Li juga menekankan bahwa Beijing akan mempertahankan komitmennya untuk berkonsolidasi dan bekerja sama dengan Pyongyang di tengah perubahan situasi kawasan dan global.

“Dan hubungan bilateral kedua negara tidak akan berubah,” tutur Li.

Dalam kesempatan itu, Li juga menjelaskan bahwa tujuan lawatannya ke Pyongyang adalah untuk melaksanakan konsensus penting antara Xi dan Kim Jong-un dan memperkuat komunikasi strategis antar-pejabat tinggi.

Selain itu, Li juga mengatakan China ingin mempererat persahabatan dengan Korea Utara guna menciptakan masa depan lebih baik bagi kedua negara.

Kepada Kim, Li juga menegaskan kembali komitmen China untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea.

“China berharap Korea Utara dan Amerika Serikat akan menerapkan pemahaman bersama mereka yang dibuat dalam pertemuan puncak bilateral pada Juni lalu dan mempertahankan tren perdamaian dan dialog,” ujar Li.

“China ingin memerankan peran konstruktif dalam menyelesaikan masalah di Semenanjung Korea secara politik dan bersama-sama dengan negara di kawasan.”

Kim Jong-un disebut menyambut baik surat Xi dan kehadiran Li di Pyongyang, mengatakan, “Saat ini Korea Utara tengah mengikuti garis strategis yang berfokus pada pembangunan ekonomi.”

Kim Jong-un juga mengatakan bahwa Korut ingin belajar dari pengalaman China membangun ekonominya sehingga bisa menjadi salah satu raksasa ekonomi di dunia seperti sekarang.

Dia juga mengatakan Korut berharap AS segera mengambil tindakan secara proporsional untuk menindaklanjuti pertemuan perdananya dengan Presiden Donald Trump di Singapura pada 12 Juni lalu. (cnn/data2)

Check Also

Shinzo Abe Bersedia Bertemu Kim Jong-un

NEW YORK, Waspada.co.id – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan bersedia bertemu Pemimpin Tertinggi Korea ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: