Home / Warta / Mancanegara / Xi Jinping dan Putin Mungkin Bertemu Kim Jong-un di Rusia
Foto: Xi Jinping dan Vladimir Putin kemungkinan dapat bertemu dengan pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, dalam forum regional di Vladivostok pekan depan. (Reuters/Jason Lee)

Xi Jinping dan Putin Mungkin Bertemu Kim Jong-un di Rusia

MOSKOW,Waspada.co.id – Presiden China, Xi Jinping, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, kemungkinan dapat bertemu dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, dalam sebuah pertemuan regional di Vladivostok pekan depan.

Kemungkinan ini terbuka setelah Xi Jinping memastikan kehadirannya dalam Forum Ekonomi Timur pada 11-13 September mendatang. Putin sendiri sudah mengundang Kim Jong-un, tapi belum mendapatkan kepastian.

Meski belum terkonfirmasi, kehadirannya di forum tersebut dianggap dapat menjadi langkah besar dalam usahanya membawa Pyongyang keluar dari isolasi internasional akibat program senjata nuklirnya.

China sebagai sekutu terdekat Korut belum mengonfirmasi Xi akan menggelar pertemuan dengan kepala negara lainnya secara terpisah atau tidak.

“Jika kami memiliki proposal dari negara lain, China akan secara positif mempertimbangkan,” kata Asisten Menteri Luar Negeri, Zhang Hanhui.

Kim dan Xi sudah bertemu tiga kali di China pada tahun ini dalam upaya memperbaiki hubungan yang sempat renggang karena uji coba nuklir Korut dan dukungan Beijing terhadap sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa atas Pyongyang.

Xi mengirim Kepala Badan Legislatif, Li Zhanshu ke Pyongyang untuk menghadiri perayaan ulang tahun Korea Utara ke-70 pada akhir pekan ini.

Sementara itu, kabar kehadiran Xi ini juga dianggap istimewa karena untuk pertama kalinya seorang pemimpin China ikut serta dalam forum ekonomi tahunan gagasan Rusia ini.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Perdana Menteri Korea Selatan, Lee Nak-yeon, diperkirakan akan menghadiri KTT ini.

Hubungan antara China dan Jepang memburuk pada 2012 lalu karena sengketa wilayah, tetapi mulai menghangat kembali dalam beberapa bulan terakhir. (cnn/data1)

Check Also

Dua WNI Dicari Malaysia Terkait Kasus Kim Jong-nam, Ini Kata Kemlu

JAKARTA, Waspada.co.id – Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, dua warga negara Indonesia (WNI) yang dicari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: