Home / Warta / Mancanegara / Wow! Demi Para Pelayat Raja Bhumibol, Tentara Thailand Masak 50 Ribu Piring Makanan
Para pelayat tengah menyantap makanan. (Foto: Asia One)

Wow! Demi Para Pelayat Raja Bhumibol, Tentara Thailand Masak 50 Ribu Piring Makanan

agregasi
agregasi

 

BANGKOK – Prosesi kremasi Raja Thailand Bhumibol Adulyadej telah membuat ratusan ribu pelayat berkumpul demi memberikan penghormatan untuk yang terakhir kalinya. Mereka bahkan rela berkemah di sekitar Istana Kerajaan Bangkok.

Sebagaimana diwartakan Asia One, Jumat (27/10/2017), tentara Thailand pun harus bekerja ekstra untuk menjaga para pelayat. Mereka bahkan harus memasak 50 ribu piring makanan setiap harinya untuk dibagikan kepada pelayat.

Demi menyediakan makanan tersebut, personel angkatan darat Negeri Gajah Putih mendirikan dapur di kantor pusatnya di Jalan Ratchadamnoen. Dari dapur itu, mereka harus menyediakan 50 ribu piring makanan untuk para pelayat dan 500 piring untuk para petugas setiap hari.

Dapur itu dioperasikan oleh Departemen Quartermaster Angkatan Darat Thailand. Mereka bekerja sama dengan perusahaan swasta.

Pejabat departemen tersebut mengatakan bahwa para tentara dan sukarelawan akan memasak 50 ribu piring makanan untuk pejabat dan pelayat. Sebanyak 10 ribu piring untuk sarapan, 20 ribu piring untuk makan siang, dan 20 ribu piring lainnya untuk makan malam.

Untuk sarapan pagi, biasanya mereka akan menyajikan nasi serta ayam rebus. Sementara untuk makan siang, pelayat akan mendapatkan nasi dengan lauk daging babi pedas atau ayam panggang dengan telur rebus. Terakhir, untuk makan malam, para tentara dan relawan akan memasak nasi dengan kari ayam atau nasi dengan ayam goreng kemangi dan sosis rebus.

Untuk memasak dalam jumlah besar, tentu mereka harus menyiapkan banyak bahan. Setiap harinya, Departemen Angkatan Darat Thailand menyiapkan 4.700 kilogram (kg) daging ayam dan babi, 900 kg sosis, dan 20 ribu telur ayam.

Selain memberikan makanan, para tentara Thailand juga mendirikan tenda untuk para pelayat yang memenuhi wilayah di sekitar istana. Sebanyak 23 tenda yang telah didirikan difungsikan untuk tempat beristirahat dan makan.

Tak hanya itu, mereka juga menyediakan fasilitas toilet. Untuk tetap dapat menyaksikan prosesi kremasi, tentara Thailand juga menyiapkan layar LED raksasa.

Prosesi kremasi Raja Bhumibol memang akan digelar mewah. Prosesi ini dilaporkan menelan biaya hingga 3 miliar baht atau sekira Rp1,2 triliun.

Hal ini terbilang wajar sebab Raja Bhumibol dianggap sebagai simbol perdamaian dan kesejahteraan bagi rakyat Thailand. Sejak Raja Bhumibol wafat setahun yang lalu, para arsitek dan perancang telah bekerja keras untuk membangun tempat kremasi di Sanam Luang, Bangkok.

Di tempat kremasi itu, mereka mendirikan sembilan paviliun dari emas yang dihiasi ribuan patung, karya seni, dan bunga cendana. Sejumlah benda milik Kerajaan Thailand juga akan digunakan dalam prosesi tersebut. Salah satunya adalah kereta emas yang akan digunakan membawa jenazah Raja Bhumibol ke guci raksasa tempat kremasi.

Check Also

JK Berperan Bebaskan Kombatan GAM di Thailand

BANDA ACEH, WOL – Wakil Presiden Jusuf Kalla disebut-sebut punya andil dalam pembebasan tiga kombatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: